Home > Wisata

Menparekraf Puji Festival Bunga dan Buah Tanah Karo yang Masuk Karisma Event Nusantara 2024

Festival Bunga dan Buah ini mengingatkan kita pada negara-negara dengan pariwisata yang maju. Karo terkenal dengan buah-buahan luar biasa seperti jeruk, salak, alpukat, buah naga, dan kurma
Dok.kemenparekraf
Dok.kemenparekraf

TOPNEWS62.COM, Kabupaten Karo – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan apresiasi tinggi atas penyelenggaraan Festival Bunga dan Buah Tanah Karo 2024 yang berlangsung di Tugu Perjuangan, Pusat Kota Berastagi, Karo, Sumatera Utara, pada Jumat (5/7/2024). Festival ini telah berhasil masuk dalam deretan 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.

“Festival Bunga dan Buah ini mengingatkan kita pada negara-negara dengan pariwisata yang maju. Karo terkenal dengan buah-buahan luar biasa seperti jeruk, salak, alpukat, buah naga, dan kurma, yang semuanya didorong oleh Presiden Jokowi untuk terus dikembangkan. Festival ini mampu menggerakkan ekonomi masyarakat karena banyak yang terlibat, dan perlu ada hilirisasi,” ujar Sandiaga.

Tema festival kali ini, "Karo Glorious Nature," mencerminkan rasa syukur atas kesuburan tanah Karo. Awalnya hanya sebuah acara lokal, festival ini kini bisa dinikmati di tingkat nasional.

Festival ini melibatkan seluruh desa di Kabupaten Karo dalam karnaval yang memamerkan hasil bumi dan parade kendaraan mobil hias yang unik. Acara ini juga menampilkan kolaborasi atraksi budaya dan tradisi yang mencerminkan harmoni masyarakat.

Diselenggarakan pada 4-6 Juli 2024, festival ini menonjolkan berbagai atraksi unik dan pameran produk kreatif UMKM terbaik di Provinsi Sumatera Utara. Menparekraf Sandiaga menekankan pentingnya meningkatkan kualitas acara ini agar dapat menarik wisatawan dari mancanegara di masa depan.

Dok.kemenparekraf
Dok.kemenparekraf

"Kita ingin festival ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal dan nasional, tetapi juga mancanegara," tambah Sandiaga.

Bupati Kabupaten Karo, Cory Sriwaty Sebayang, mengungkapkan bahwa festival tahun ini menargetkan 80.000 kunjungan, dan hingga saat ini sudah mencapai 45.000 pengunjung.

Cory juga berterima kasih kepada Menparekraf atas dukungan terhadap pariwisata di Kabupaten Karo. “Kedatangan Pak Menteri membawa kemajuan bagi Tanah Karo. Kami berharap Kabupaten Karo akan semakin maju dalam bidang pariwisata, terutama dalam acara nasional mendatang,” kata Cory.

Dalam kunjungan tersebut, Sandiaga didampingi oleh Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan, Ario Prawiseso, dan Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Jimmy Bernando Panjaitan. Hadir pula Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumut, Zumri Sulthony, serta Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, serta Pariwisata, Munarta Ginting.

Dengan dukungan penuh dari pemerintah, Festival Bunga dan Buah Tanah Karo diharapkan terus berkembang dan menjadi daya tarik pariwisata yang lebih besar lagi di masa mendatang

× Image