Home > Wisata

Bintan Triathlon 2024: Meningkatkan Destinasi Sport Tourism Kepri

Antusiasme Peserta, Lebih dari 1.500 Orang dari 40 Negara Bersiap Ikut Serta
Dok.kemenparekraf.go.id
Dok.kemenparekraf.go.id

TOPNEWS62.COM - Jakarta, 7 Maret 2024 - Event olahraga Bintan Triathlon akan kembali digelar di kawasan pariwisata Lagoi, Bintan, dengan tujuan memperkuat posisi Bintan dan Kepulauan Riau secara keseluruhan sebagai destinasi sport tourism unggulan di Indonesia.

Dalam peluncuran "Bintan Triathlon 2024" di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu, menekankan bahwa event pariwisata berbasis olahraga seperti Bintan Triathlon merupakan instrumen efektif dalam mendatangkan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

"Bintan Triathlon telah menjadi event tahunan selama 20 tahun terakhir, menunjukkan konsistensi Bintan Resorts dalam menyelenggarakan acara ini. Tidak hanya jumlah peserta yang meningkat, tetapi juga kualitas penyelenggaraan acara yang semakin baik," kata Vinsensius Jemadu.

Dengan Bintan Triathlon 2024 yang akan berlangsung pada 1 hingga 2 Juni 2024 di Lagoi Bay, diharapkan akan diikuti oleh lebih dari 1.500 peserta dari 40 negara, termasuk Indonesia. Acara ini akan terbagi dalam berbagai kategori lomba, mulai dari Enduro hingga kategori Olympic dan Sprint, serta menghadirkan kategori khusus untuk usia remaja dan anak-anak seperti Kids Splash and Dash.

Chief Operating Officer Bintan Resorts, Abdul Wahab, mengumumkan program khusus bagi peserta asal Indonesia, termasuk diskon pendaftaran sebesar 20 persen dan potongan harga khusus dari hotel-hotel di Bintan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Arief Sumarsono, dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Guntur Sakti, menyambut baik penyelenggaraan Bintan Triathlon sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bintan dan Kepulauan Riau secara keseluruhan.

"Tahun ini kunjungan wisatawan mancanegara ke Kabupaten Bintan mencapai 500 ribu. Event ini (Bintan Triathlon) kami harapkan akan memberikan dampak yang signifikan pada jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bintan," kata Arief.

"Jumlah tersebut terbagi di empat pintu masuk, yakni Batam sebesar 2,3 juta, Bintan 500 ribu, Tanjung Pinang 100 ribu, dan Kabupaten Karimun sebesar 100 ribu. Dan inilah (Bintan Triathlon) sebagai salah satu bagian dari upaya kami," tambah Guntur Sakti.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto.

× Image