Home > Wisata

Pemkab Bandung Gelar Wisata Festival Bedas Duren 2024

Kegiatan "Bedas Festival Durian" di lapangan terbuka Plaza Upakarti Komplek Pemkab Bandung, Soreang Bandung Jawa Barat. Bedas Festival Duren ini digagas oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bandung dengan melibatkan masyarakat dan para pelaku UMKM.
Dok.Prokopim Kab Bandung
Dok.Prokopim Kab Bandung

TOPNEWS62.COM- Kab Bandung, Jumat (23/02) Masyarakat Kabupaten Bandung dan sekitarnya ramai mengunjungi pusat kegiatan "Bedas Festival Durian" di lapangan terbuka Plaza Upakarti Komplek Pemkab Bandung, Soreang Bandung Jawa Barat. Bedas Festival Duren ini digagas oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bandung dengan melibatkan masyarakat dan para pelaku UMKM.

Bedas Festival Durian ini pertama kali digelar Pemkab Bandung melalui Dinas Pertanian Kabupaten Bandung dengan melibatkan masyarakat umum, pedagang, pelaku UMKM dan wisatawan dengan mengusung tema Bisnis dan Edukasi Durian Alangkah Senangnya (BEDAS).

Pengunjung dan peserta Bedas Festival Durian terlihat antusias mengikuti lomba makan durian sepuasnya dengan hanya merogoh kocek Rp 100.000/orang. Selain lomba makan durian sepuasnya, ada juga sosialisasi Dinas Pertanian terkait investasi kebun durian, sosialisasi teknik permilahan buah durian, lelang buah durian, dan tentu saja ada banyak stan durian.

Para pengunjung yang datang ke acara Bedas festival Durian ini, nampak gembira ria. Para pengemar dan penikmat durian yang datang dari berbagai daerah ini pun cukup terobati. Apalagi, dalam event tesebut, hadir juga durian varietas montong yang sudah terkenal sejagat nusantara. Dinas Pertanian pun membuat kemasan pelaksanaan sosialisasi investasi kebun durian, sosialisasi teknik permilahan buah durian, lelang buah durian, stand penjual buah durian.

Selanjutnya ada stand penjualan bibit durian unggulan, stand aneka olahan durian, dan lomba olahan durian untuk PKK dan DWP. Berbagai kegiatan itu menjadi perhatian mereka yang hadir di lokasi kegiatan tersebut. Bupati Bandung Dadang Supriatna didampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Ningning Hendasah hadir pada pula di Bedas Festival Durian tersebut. Dadang turut mengapresiasi para petani durian di Kabupaten Bandung. Ia menilai produksi durian di Kabupaten Bandung meningkat akhir-akhir ini.

"Durian yang dihasilkan para petani Kabupaten Bandung, rasanya legit, enak dan nikmat. Insya Allah, kedepan akan bikin Festival Wisata khusus durian, sehingga para wisatawan mau mampir dan menikmati durian dari Kabupaten Bandung," kata Dadang. Dadang pun berencana untuk terus mengembangkan budidaya atau pertanian durian di Kabupaten Bandung, yang dinilai dapat mendongkrak ekonomi masyarakat dan UMKM. "Mudah-mudahan dengan adanya pelaksanaan Bedas Festival Durian ini bisa membuka cakrawala bisnis durian secara mancanegara. Insya Allah, kita akan terus memberikan informasi kepada publik termasuk media dan pada akhirnya durian Kabupaten Bandung bisa terkenal di dunia," imbuhnya.

Kemudian Dadang mengatakan, bahwa kegiatan Bedas Festival Durian ini akan dilaksanakan sekali dalam setiap tahunnya. "Festival Duren ini bagian suguhan kepada para tamu yang mau datang ke Kabupaten Bandung," tutupnya.

× Image