Home > Gaya Hidup

Merayakan Warisan Budaya Melalui Batik

Mercure Jakarta Batavia Gelar Batik KarnavALL 2024

TOPNEWS62.COM, JAKARTA – Sabtu (05/10/2024) Hari Batik Nasional, Mercure Jakarta Batavia menggelar Event tahunan di bulan Oktober, yaitu Batik KarnavALL 2024 dengan tema "Batik Story: Heritage In Your Own Style". Acara yang berlangsung pada 3 Oktober 2024 ini mengundang para pecinta Batik dari Komunitas Ibu Berwisata untuk lebih mendalami warisan budaya Indonesia melalui berbagai aktivitas interaktif dan edukatif. Sebagai hotel yang berkomitmen mendukung pelestarian budaya Indonesia, Mercure Jakarta Batavia mengemas Batik KarnavALL dengan cara yang unik dan modern, menggabungkan unsur edukasi dan hiburan bagi tamu-tamu hotel serta komunitas pecinta Batik.

Batik Story: Heritage In Your Own Style bukan sekadar perayaan biasa, tetapi juga ajakan bagi generasi muda untuk lebih mengenal dan mencintai Batik sebagai bagian dari identitas nasional. Melalui rangkaian acara seperti talkshow, fashion show, dan workshop kegiatan batik, peserta diajak untuk mengekspresikan kreativitas mereka dengan Batik.

Acara ini dibuka dengan Talkshow yang menampilkan Abang None Jakarta Barat 2023 yaitu Syaiful Islam Nabawi & Dinda Dogoboyou serta Dewi Astuti sebagai pemilik usaha Ghawaean Dhewe. Dalam sesi ini, para narasumber berbagi cerita tentang Batik dan bagaimana Batik telah menjadi simbol kekayaan budaya Indonesia di mata dunia juga menjadi bagian dari gaya hidup. Para peserta juga mendapatkan wawasan mengenai tren Batik yang tetap mempertahankan nilai-nilai tradisional di era modern.

Fashion Show yang berlangsung setelahnya menampilkan beragam busana Batik modern, memperlihatkan kepada para peserta bahwa batik dapat diaplikasikan dalam gaya berpakaian sehari-hari, baik formal maupun kasual. Busana batik yang ditampilkan memadukan inovasi warna warni dan keunikan setiap motif batik.

Salah satu highlight dari acara ini adalah Workshop Batik, di mana peserta dapat langsung berkreasi dengan mewarnai pola batik, membuat aksesoris rambut dari kain batik, hingga mencoba henna batik temporer. Kegiatan ini memberikan pengalaman langsung kepada peserta untuk lebih memahami indahnya batik dan merasakan nilai seni di balik setiap motifnya dengan kreativitas masing-masing.

Selain itu, Batik Afternoon Tea menjadi penutup yang manis bagi seluruh peserta. Mereka juga berkesempatan mendapatkan souvenir dompet batik eksklusif serta mengikuti kuis giveaway berhadiah voucher menginap satu malam di Mercure Jakarta Batavia dan voucher makan di Restaurant Malaka senilai IDR 250,000.

Paulus D. Karim sebagai General Manager Mercure Jakarta Batavia menyampaikan “Batik KarnavALL bukan hanya sekadar event, tetapi juga wujud komitmen Mercure Jakarta Batavia dalam mendukung pelestarian warisan budaya Indonesia“Kami ingin mengajak semua orang untuk mengenal lebih dekat Batik sebagai warisan dunia yang diakui UNESCO menjadi bagian dari gaya hidup. Melalui acara ini, kami berharap dapat meningkatkan kebanggaan masyarakat terhadap Batik dan mendorong kreativitas dalam mengeksplorasi gaya pribadi dengan Batik,” ungkapnya.

Acara Batik KarnavALL 2024 ini juga merupakan bagian dari rankaian program Accor Live Limitless (ALL) yang terus berupaya memberikan pengalaman berkesan kepada para anggota dan tamu hotel dengan tetap menonjolkan kearifan lokal. Mercure Jakarta Batavia juga menghadirkan paket menginap spesial bertema "Batik Stay" hanya dengan Rp 1.315.000 net/malam tamu dapat menikmati pengalaman unik workshop batik yang memadukan kenyamanan menginap dengan keindahan seni Batik serta souvenir berkesan untuk para tamu yaitu dompet bermotif Batik.

Paket “Batik Stay” tersedia sepanjang bulan Oktober 2024 dengan penawaran menarik bagi anggota Accor Live Limitless (ALL).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan Batik KarnavALL atau reservasi di Mercure Jakarta Batavia, kunjungi website kami di all.accor.com atau hubungi melalui Instagram @mercurejakartabatavia.

Tentang Mercure Jakarta Batavia

Mercure Jakarta Batavia terletak di kawasan bersejarah Kota Tua, Jakarta, yang menawarkan pengalaman menginap berkelas dengan sentuhan lokal yang khas. Sebagai bagian dari jaringan hotel Accor, Mercure Jakarta Batavia berkomitmen untuk mendukung pelestarian budaya Indonesia dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang menonjolkan kearifan lokal.

× Image