Home > Travel dan Haji

Penggantian Kiswah Ka'bah di 1 Muharram 1446 H: Momen Sakral di Masjidil Haram

Jemaah yang tak hanya ingin melaksanakan thawaf tetapi juga menyaksikan upacara pergantian kiswah Ka'bah pada 1 Muharram 1446 H.
Dok.kemenag
Dok.kemenag

TOPNEWS62.COM, Makkah – Selepas salat Isya di lantai satu Masjidil Haram pada Sabtu (6/7/2024) malam, saya dan beberapa petugas haji Indonesia bergegas menuju pintu 79, kemudian menuju area thawaf (mathaf) di lantai dasar. Tiba sekitar pukul 21.06 WAS, area mathaf sudah dipenuhi jemaah yang tak hanya ingin melaksanakan thawaf tetapi juga menyaksikan upacara pergantian kiswah Ka'bah pada 1 Muharram 1446 H.

Sejak 1 Muharram 1444 H atau 30 Juli 2022, Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan penggantian kiswah Ka'bah setiap awal tahun Hijriah. Tradisi ini berubah dari sebelumnya yang dilakukan setiap tanggal 9 Dzulhijjah saat jemaah haji menunaikan wukuf di Arafah, atas perintah Raja Salman.

Sekitar pukul 22.00 WAS, penjagaan area sekitar Baitullah semakin diperketat. Ratusan personel Pasukan Khusus Haji dan Umrah mulai memasuki area mathaf, meminta jemaah yang berkumpul dengan ponsel mereka untuk terus berjalan. Tangga gunting elektrik terlihat naik turun di sisi-sisi Ka'bah, sementara para petugas mulai melonggarkan ikatan kain penutup Ka'bah.

Dok.kemenag
Dok.kemenag

Dinding Ka'bah sedikit demi sedikit terlihat saat ikatan kain kiswah mulai dilepaskan, menciptakan momen yang dinantikan oleh ribuan mata yang menyaksikan. Penjagaan selama proses penggantian kiswah sangat ketat, dengan ratusan petugas keamanan Masjidil Haram berbaris di sekitar Ka'bah, mengelilinginya dengan dua lapis pagar portabel, menjaga jarak sekitar tiga hingga enam meter dari dindingnya.

Meskipun demikian, jemaah yang berada di dekat Ka'bah masih dapat melanjutkan thawaf sambil menikmati momen pergantian kiswah dari dekat. Banyak jemaah yang berfoto dengan latar belakang Ka'bah dan petugas keamanan, sembari menunggu pergantian kiswah, mereka melakukan berbagai aktivitas seperti thawaf, membaca Al-Qur'an, atau berzikir.

Petugas juga menutup sejumlah pintu masuk ke lantai dasar dan lantai satu Masjidil Haram. Sekitar pukul 23.00 WAS, para petugas berjajar di setiap sisi atap Ka'bah, menurunkan tali tambang besar. Tepat pukul 00.00 WAS, kiswah baru ditarik ke atas, menutupi kain penutup yang lama, yang kemudian secara perlahan diturunkan. Prosesi ini biasanya memakan waktu lebih dari lima jam hingga kain kiswah baru terpasang dengan rapi.

Dilaporkan oleh Saudi Gazette, sebanyak 159 teknisi dan perajin terlibat dalam proses penggantian kiswah ini. Lebih dari 200 pengrajin dan administrator Saudi yang berkualifikasi bekerja di Kompleks Raja Abdulaziz untuk Kiswah Ka'bah Suci, di lingkungan Umm Al-Jud di Makkah, untuk memproduksi kiswah baru. Proses pembuatan kiswah melibatkan berbagai tahapan seperti penyulaman ikat pinggang Ka'bah, menenun kain dengan tangan dan mesin, mencetak, mengalungkan, dan mewarnai.

Kiswah baru membutuhkan sekitar 1.000 kilogram sutra mentah yang diwarnai hitam, 120 kilogram kawat emas, dan 100 kilogram kawat perak. Kiswah terdiri dari empat lembar kain, masing-masing menutupi satu sisi Ka'bah, serta satu lembar tambahan yang dipasang pada pintu Ka'bah.

Sebelum acara penggantian kiswah, upacara penyerahan kiswah telah dilakukan pada bulan lalu. Wakil Emir Makkah dan Wakil Ketua Komite Haji Pusat Pangeran Saud bin Mishal, atas nama Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman, menyerahkan kiswah kepada wakil penjaga senior Abdul Malik Al-Shaibi pada 18 Juni. Kiswah memiliki tinggi 14 meter, dengan ikat pinggang lebar 95 sentimeter dan panjang 47 meter pada sepertiga bagian atasnya, terdiri dari 16 bagian yang dikelilingi hiasan kaligrafi segi empat.

× Image