Home > Wisata

Geo Tourism Festival 2024: Promosi Poltekpar Medan dan Potensi Pariwisata Toba

Acara ini menjadi kesempatan untuk memperkenalkan para calon mahasiswa tentang betapa menariknya pendidikan di Poltekpar dengan beragam jurusannya,
Dok.kemenparekraf.go.id
Dok.kemenparekraf.go.id

TOPNEWS62.COM, Medan - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi penyelenggaraan Geo Tourism Festival 2024. Festival yang diinisiasi oleh Politeknik Negeri Pariwisata (Poltekpar) Medan ini menjadi ajang untuk memperkenalkan pendidikan di Poltekpar Medan, terutama selama masa penerimaan mahasiswa baru (PMB), serta untuk mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba.

Sandiaga menyebutkan bahwa acara yang berlangsung di Kampus Poltekpar Medan, Sumatra Utara pada 20-22 Mei 2024 ini mencakup berbagai kompetisi seperti olahraga, seni, memasak, dan keterampilan lain yang berkaitan dengan sektor pariwisata dan perhotelan. "Acara ini menjadi kesempatan untuk memperkenalkan para calon mahasiswa tentang betapa menariknya pendidikan di Poltekpar dengan beragam jurusannya," ujar Sandiaga.

Selain itu, kompetisi seni tari dan pantun dalam festival ini dianggap sebagai sarana untuk mempromosikan kekayaan tradisi dan budaya Sumatra Utara, khususnya di kawasan Danau Toba. "Sumatra Utara memiliki keanekaragaman budaya yang kaya, dan acara ini dapat mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di provinsi ini," kata Sandiaga.

Dengan tema "GEOWONDERS - where nature and culture converge", Menparekraf Sandiaga yakin bahwa acara ini mampu mengakomodasi kreativitas dan semangat generasi muda dalam mendukung kawasan Danau Toba sebagai salah satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) di Indonesia, serta bagian dari UNESCO Global Geopark.

"Kami yakin kegiatan ini akan mengasah dan mempertajam kreativitas generasi muda. Kompetisi yang diikuti oleh siswa SMA/SMK dalam acara ini juga dapat menumbuhkan minat mereka untuk melanjutkan studi di Poltekpar," ungkap Sandiaga.

Dengan demikian, Geo Tourism Festival 2024 tidak hanya menjadi ajang promosi pendidikan Poltekpar Medan tetapi juga sebagai upaya memperkuat potensi pariwisata dan budaya di Sumatra Utara, terutama di kawasan Danau Toba.

× Image