Home > Gaya Hidup

Kuliner di Pasar Baru Jakarta: Surga Makanan Khas yang Legendaris

Pasar Baru Jakarta banyak menyuguhkan makanan lezat yang menggoda selera

TOPNEWS62.COM, JAKARTA--Pasar Baru merupakan satu Kawasan tertua di Jakarta, bukan hanya terkenal sebagai pusat perbelanjaan dengan berbagai macam barang dagangan, tetapi juga sebagai destinasi kuliner yang tak boleh dilewatkan. Terletak di Jakarta Pusat, Pasar Baru telah menjadi saksi bisu perkembangan kota ini sejak zaman kolonial. Dengan suasana yang kaya akan sejarah dan budaya, Kawasan ini menawarkan berbagai hidangan lezatyang memanjakan lidah. Berikut adalah beberapa kuliner khas yang wajib dicoba jika di Pasar Baru Jakarta.

Dok. TOPNEWS62.COM
Dok. TOPNEWS62.COM

1. Ada Soto Padang H. St Mangkuto, makanan legendaris ini wajib dicicipi. Soto ini terkenal dengan kuah kaldu sapi yang gurih, dilengkapi dengan potongan daging sapi yang digoreng hingga renyah, soun dan perkedel kentang. Disajikan dengan sambal dan jeruk nipis, rasanya semakin nikmat dan segar.

2. Bakmi Gang Kelinci, salah satu ikon kuliner yang sudah ada sejak tahun 1957. Restoran ini menyajikan berbagai jenis mi, dengan mi ayam sebagai menu andalan. Tekstur mi yang kenyal, ditambah dengan potongan ayam yang lembut dan bumbu khas, membuat Bakmi Gang Kelinci selalu ramai dikunjungi pecinta kuliner.

3. Tahu Gejrot, ini salah satu camilan yang dapat dicoba jika berkunjung ke Pasar Baru. Tahu gejrot ini disajikan dengan bumbu khas yang terdiri dari kecap manis, gula merah, bawang putih, dan cabai rawit. Rasanya yang pedas, manis dan gurih, membuat siapa saja ketagihan.

4. Rujak Juhi, makanan yang kaya akan serat ini rasanya menyegarkan, terbuat dari potongan sayuran yang segar seperti mentimun, kol dan taoge, yang dicampur dengan mi kuning dan juhi (ikan kering). Semua bahan ini kemudian disiram dengan bumbu kacang yang manis dan gurih, serta ditaburi kerupuk untuk menambah tekstur renyah.

5. Nasi Uduk dan Lontong, di pagi hari Pasar Baru ramai dengan penjual nasi uduk dan lontong sayur. Nasi uduk, yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah, disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, tempe orek dan sambal. Sementara itu, lontong sayur dengan kuah santan yang gurih dan pedas, berisi potongan lontong, labu siam, kacang Panjang, dan telor rebus, menjadi sarapan favorit banyak orang.

6. Es Krim, untuk Desert, hidangan Es krim klasik tradisional ada beberapa gerai yang menjualnya, di Pasar Baru Jakarta.

× Image