Home > Travel dan Haji

Layanan Fast Track Ibadah Haji 2024 Tersedia di Tiga Bandara untuk 554 Kloter Jemaah

Embarkasi Surabaya akan menjadi tuan rumah bagi 106 kelompok terbang, yang merupakan jumlah terbanyak dari total kloter tahun ini
Dok.haji.kemenag.go.id
Dok.haji.kemenag.go.id

TOPNEWS62.COM - Surabaya, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab, mengumumkan rencana penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M, di mana Indonesia akan mengirimkan 241.000 jemaah yang terbagi dalam 554 kloter. Dari jumlah tersebut, 294 kloter akan diterbangkan menggunakan Garuda Indonesia, sementara 260 kloter menggunakan Saudia Airlines.

Pernyataan ini disampaikan oleh Saiful Mujab saat menghadiri pelantikan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Embarkasi Surabaya. Ia menyatakan bahwa Embarkasi Surabaya akan menjadi tuan rumah bagi 106 kelompok terbang, yang merupakan jumlah terbanyak dari total kloter tahun ini.

Pentingnya penjadwalan slot diharapkan tidak menimbulkan masalah dalam penyelenggaraan haji melalui embarkasi Surabaya. Saiful juga mengungkapkan bahwa tahun ini, embarkasi Surabaya akan menggunakan layanan fast track untuk pertama kalinya. Layanan ini, menurutnya, merupakan bentuk penghargaan dari Pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia. Saudi telah menyediakan tiga layanan fast track di Bandara Juanda Surabaya, Adi Soemarmo Solo, dan Soekarno-Hatta Tangerang, Banten.

"Hanya Indonesia yang memiliki tiga layanan fast track di dunia dalam penyelenggaraan ibadah haji," ujarnya.

Dengan adanya fast track, jemaah haji dapat langsung menuju pemondokan setelah tiba di Madinah atau Jeddah, memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi mereka.

Keberangkatan jemaah haji Indonesia akan dibagi menjadi dua gelombang, yaitu dari 12 hingga 23 Mei 2024 untuk gelombang pertama, dan dari 24 Mei hingga 10 Juni 2024 untuk gelombang kedua.

Selain itu, Saiful juga mengapresiasi komitmen Pemprov Jatim dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji. Pelantikan PPIH Embarkasi Surabaya juga dirangkai dengan Meal Test untuk memastikan kualitas makanan yang disajikan kepada jemaah haji selama penerbangan.

Mufi Imron Rosyadi, Plt Kakanwil Kemenag Jawa Timur, menyatakan bahwa Embarkasi Surabaya akan melayani 39.228 jemaah haji tahun ini. Jumlah tersebut terdiri dari jemaah asal Jawa Timur, Bali, dan NTT, serta petugas kloter. Embarkasi Surabaya akan melayani jemaah dengan Saudia Arabian Airlines.

Harapannya, seluruh rangkaian ini dapat berjalan lancar tanpa kendala yang berarti, memastikan keberangkatan jemaah haji Indonesia berjalan dengan sukses.

× Image