Home > Nasional

Jasa Marga Imbau Pemudik Pastikan Persediaan BBM Selama Perjalanan

Banyaknya Kendaraan Kehabisan BBM saat Arus Balik,
Dok.jasamarga.com
Dok.jasamarga.com

PT Jasa Marga (Persero) Tbk, pada Senin (15/04), terus meningkatkan pelayanan di gerbang tol, rest area, dan lajur guna mengantisipasi peningkatan arus lalu lintas yang signifikan selama arus balik Hari Raya Idulfitri 1445H. Dalam rangka kelancaran perjalanan arus balik, Jasa Marga mengimbau masyarakat untuk memastikan kesiapan perjalanan jarak jauh, terutama karena masih banyak kendaraan yang mengalami kehabisan Bahan Bakar Minyak (BBM) di tengah perjalanan.

"Selama periode arus balik ini, kami mencatat sejumlah permintaan bantuan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080 karena kehabisan BBM, menyebabkan kendaraan berhenti di bahu jalan, bahkan ada yang berhenti di lajur contraflow," ungkap Faiza Riani, Kepala Departemen Pemasaran & Komunikasi Jasa Marga.

Jasa Marga kembali mengingatkan pengguna jalan untuk secara berkala memeriksa kecukupan BBM, terutama setiap kali berhenti di rest area, untuk mengisi BBM sesuai kebutuhan.

Melalui anak usaha di bidang prospektif, PT Jasamarga Related Business (JMRB), Jasa Marga bekerja sama dengan Pertamina untuk menyediakan layanan BBM motoris yang berada di Rest Area Travoy Jasa Marga. Layanan ini menyediakan pengantaran BBM bagi pengguna jalan yang kehabisan BBM di sekitar rest area dengan menggunakan motor. Namun, armada BBM motoris terbatas, sehingga pengguna jalan tetap harus memastikan kecukupan BBM sebelum perjalanan jarak jauh.

"Kami juga mengimbau pengguna jalan untuk mencari informasi tentang Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di jalan arteri yang dekat dengan akses keluar jalan tol sebagai alternatif jika rest area di jalan tol penuh dan dilakukan buka tutup," tambah Faiza.

Jasa Marga mengimbau masyarakat untuk memastikan kesiapan perjalanan, termasuk memeriksa kondisi pengemudi dan kendaraan, mempersiapkan perbekalan, dan saldo uang elektronik. Patuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta disiplin dalam berkendara di jalan tol. Gunakan waktu secara efisien dan hindari berlama-lama di rest area agar pengguna jalan lain dapat bergantian.

Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real-time di jalan tol menggunakan aplikasi Travoy. Informasi terkini dan permintaan layanan lalu lintas juga dapat diajukan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, akun X @PTJASAMARGA, aplikasi Travoy, dan media sosial resmi Jasa Marga.

× Image