Home > Wisata

Batam Wonderfood and Art Ramadhan Mendongkrak Usaha Kecil dan Menengah

Memberikan dampak yang signifikan terhadap pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, terutama para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Batam.
Dok.kemenparekraf.go.id
Dok.kemenparekraf.go.id

TOPNEWS62.COM - Batam, 31 Maret 2023 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengakhiri dengan resmi rangkaian acara "Batam Wonderfood and Art Ramadan 2024" yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Batam.

Dalam pidatonya di Taman Dang Anom, Batam, pada Sabtu (30/3/2024) malam, Menparekraf Sandiaga menyatakan bahwa event yang berlangsung selama 22 hari tersebut memberikan dampak yang signifikan terhadap pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, terutama para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Batam.

"Semoga Batam Wonderfood and Art Ramadan 2024 menjadi berkah bagi kita semua, khususnya bagi UMKM, serta membuka lebih banyak peluang kerja," ujar Menparekraf Sandiaga.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, selama 22 hari penyelenggaraan, event yang menjadi bagian dari Karisma Event Nusantara Kemenparekraf tersebut telah dikunjungi oleh lebih dari 32 ribu pengunjung dengan total perputaran uang diperkirakan mencapai Rp2,8 miliar.

Meski demikian, Menparekraf Sandiaga yakin bahwa angka tersebut dapat lebih tinggi, bahkan mencapai dua kali lipat.

"Karena rata-rata pengeluaran wisatawan di Kota Batam cukup tinggi. Saya perkirakan angkanya bisa mencapai antara Rp3,2 miliar hingga Rp4,5 miliar," ungkap Sandiaga.

Untuk itu, Menparekraf mendorong agar ke depannya Pemerintah Kota Batam menghadirkan lebih banyak lagi acara yang dapat menarik kunjungan wisatawan, sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian dan membuka lebih banyak peluang kerja serta usaha bagi masyarakat.

"Saya mendorong adanya lebih banyak event di Kepulauan Riau," tambah Sandiaga.

Dok.kemenparekraf.go.id
Dok.kemenparekraf.go.id

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, menyatakan komitmennya untuk terus mendorong pemerintah kabupaten dan kota di Kepulauan Riau untuk menggelar berbagai kegiatan, terutama di ruang publik.

"Kita harus memberdayakan UMKM yang memberikan nilai tambah. Ini memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk memamerkan dan menjual produk-produk mereka," ujar Ansar.

Terkait pengembangan UMKM, ia juga berjanji untuk memberikan dukungan, termasuk melalui program bantuan modal usaha.

"Tahun ini, kami meningkatkan plafon pinjaman tanpa bunga hingga maksimal Rp40 juta," tegas Ansar Ahmad.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Direktur Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf, Reza Fahlevi; Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Guntur Sakti; serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata.

× Image