Home > Nasional

Ikan Indonesia Memikat Perhatian di Pameran Seafood Amerika

Membuka peluang lebih luas bagi produk perikanan Indonesia untuk dikenal di pasar global
Dok.kkp.go.id
Dok.kkp.go.id

TOPNEWS62.COM - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat kesuksesan dalam memamerkan produk perikanan Indonesia di Seafood Expo North America (SENA) 2024, yang berlangsung di Boston selama tiga hari. Berbagai produk perikanan seperti tuna loin, tuna beku, dan saku berhasil menarik minat pembeli dari berbagai negara diantaranya Amerika Serikat, Kanada, Belgia, Spanyol, dan lainnya.

Nilai perdagangan yang tercatat selama pameran mencapai USD58,47 juta, dimana produk tuna menyumbang sebesar USD29,50 juta atau 50,45% dari total transaksi. Selain tuna, komoditas lain seperti udang, cumi, sotong, dan lainnya juga diminati oleh pembeli di acara tersebut.

KKP menyelenggarakan paviliun Indonesia dengan melibatkan 14 peserta eksportir yang memenuhi 16 booth yang disediakan. Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Budi Sulistiyo, menyatakan bahwa SENA 2024 menjadi platform penting untuk mempromosikan produk tuna Indonesia, dengan sebagian besar booth Paviliun Indonesia diisi oleh perusahaan yang menawarkan produk tuna.

Budi berharap keberhasilan di SENA 2024 akan membuka peluang lebih luas bagi produk perikanan Indonesia untuk dikenal di pasar global. Pameran tersebut telah mendapat kunjungan lebih dari 1.000 orang dari berbagai negara, menandakan minat yang tinggi terhadap produk perikanan Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono telah meresmikan pencanangan Tahun Tuna Indonesia 2024, yang bertujuan untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam memperluas akses pasar serta mempromosikan produk perikanan Indonesia yang aman, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.

× Image