Home > Hospitality

Istilah Tradisi Iftar, Takjil Dalam Kebersamaan Kebahagian Ramadhan 2024

Di Indonesia, iftar dan takjil menjadi tradisi tersendiri selama bulan Ramadhan. Ada tradisi iftar bersama atau buka puasa bersama, serta tradisi berbagi takjil berupa makanan ringan dan minuman berbuka puasa . Tradisi ini mempererat hubungan sosial

Top News62.com - Jakarta, Jumat (29/03/2024) Kata Iftar merupakan istilah yang berasal dari bahasa Arab dan telah diserap dalam bahasa Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iftar artinya hal berbuka puasa. Dalam Etimologi, iftar berasal dari kata di bahasa Arab yakni dari kata ifṭār yang artinya buka puasa dari kata afṭara yang artinya berbuka puasa dari kata faṭara yang artinya membatalkan puasa . Jadi, iftar menandakan berakhirnya waktu puasa dan waktunya untuk buka puasa atau membatalkan puasa.

Berbeda dengan takjil, meskipun keduanya berasal dari bahasa Arab dan identik dengan kegiatan berbuka puasa, namun istilah iftar dan takjil memiliki arti yang berbeda. Takjil artinya mempercepat dalam berbuka puasa. Kemudian secara Etimologi, takjil berasal dari kata dalam bahasa Arab yakni dari kata tajīl yang artinya penyegeraan dari kata ajjala yang artinya menyegerakan dari kata ajila yang artinya bersegera . Jadi, iftar adalah berbuka puasa, sementara takjil adalah menyegerakan untuk buka puasa.

Di Indonesia, iftar dan takjil menjadi tradisi tersendiri selama bulan Ramadhan. Ada tradisi iftar bersama atau buka puasa bersama, serta tradisi berbagi takjil berupa makanan ringan dan minuman untuk buka puasa . Tradisi ini mempererat hubungan sosial dan menjadi momen berharga bagi masyarakat selama bulan suci Ramadhan.

Tidak sedikit hotel-hotel di Jakarta yang mengadakan Program Ramadhan termasuk penyediaan fasilitas Iftar baik untuk Coorporate, personal, organisasi dll. Contohnya Hotel 101 urban kelapa Gading Jakarta. Program Ramadhan yang dimiliki dengan tema Ramadhan Festive, dengan menu ala Thai dan Turkish Cuisine. Dari hari pertama hingga kini terus berlangsung. Menurut Jessica selaku Marcom Hotel 101 Urban Kelapa Gading Jakarta, 101 Urban Kelapa Gading memiliki targer 6000 Tamu untuk mengadakan Iftar di hotel tersebut. Dari awal Ramadhan hingga pekan ke dua tepatnya tanggal 25 Maret 24 kemaren, total pengunjung tamu untuk iftar yang datang sudah mencapai 4000 Tamu sedangkan Untuk week day (senin – kamis), perharinya bisa mencapai 170 an tamu dan week end (jumat- minggu) bisa mencapai 350 an Tamu Di perkirakan hingga tanggal 8 April 2024 target mereka sudah achieve bahkan lebih. Tentu saja ini didukung dengan Promo yang kerap kali di gencarkan yaitu Buffet Juara dengan IDR 195,000/pack. Bahkan untuk Coorporate ada program Easrly bird 1 dengan IDR 135.000 dan Early Bird 2 dengan IDR 155.000. Iftar ini berlangsung dari jam 18.00 hingga 21.00 PM.

Para tamu terlihat antusias sekali dengan iftar yang mereka tujukan di hotel ini. Disamping pelayanannya yang amat cepat cekatan serta gesit proses penyajian menu yang dihidangkan, Menu makanan yang disajikan pun amat bervariasi dan lezat, cocok di lidah Masyarakat Indonesia.

Jadi Iftar merupakan saat yang penuh keceriaan dan berkah, di mana kita bersama-sama membatalkan puasa setelah seharian menahan lapar dan haus. Di tengah keramaian, aroma makanan yang lezat, dan kebersamaan dengan keluarga dan teman-teman, mereka merayakan momen ini dengan penuh sukacita.

Di satu sisi Hotel 1O1 URBAN Jakarta Kelapa Gading juga pilihan yang tepat ketika kepraktisan menjadi prioritas. Penginapan yang menjadikan pilihan tepat untuk staycations bersama keluarga dengan 171 kamar deluxe dan ruang pertemuan yang mewah minimalis hingga sedang dengan desain penuh gaya seni eksotis – untuk perjalanan singkat atau pertemuan bisnis 30 menit, dari Bandara Internasional Soekarno - Hatta, 20 menit dari pusat kota Jakarta, 20 Menit ke Pantai Ancol, Dufan dan Seaworld, 10 Menit ke ITC Cempaka Mas, 15 Menit dari Jakarta International Expo Kemayoran, 5 Menit ke Mall Kelapa Gading, dan berada di tengah-tengah pusat perbelanjaan dan kuliner.

Selain Hotel 101 Urban Kelapa Gading Jakarta, pilihan alternatif Hotel Oakwood Taman Mini Jakarta yang berlokasi di area Jakarta Timur juga tak kalah meriahnya membuka program Ramadhan dengan tajuk Asian dan Timur Tengah Cuisine, ditambah sebagai pelengkapnya western cuisine. Ada perbedaan dengan Hotel 101 Urban Kelapa Gading. Peserta Iftar lebih banyak adalah Tamu yang memang stay dengan long term, karena hotel ini di design sebagai residence.Program di hotel ini memberikan harga IDR 199.000 pernet dengan target 4000 pengunjung. Pada pekan ke dua Ramadhan hingga 27 Maret 2024 target tersebut sudah terpenuhi dan di prediksi hingga tanggal 8 April 2024 total peserta Iftar bisa mencapai 5000 pengunjung. Tutur Yenny selaku Assisten Manager Oakwood Taman Mini Jakarta.

Lokasi strategis Hotel Oakwood Taman Mini terletak selangkah dengan Taman Mini Indonesia Indah Jakarta alternatif rumah bagi berbagai atraksi rekreasi untuk seluruh keluarga dengan fasilitas hotel mewah di Jakarta ini juga dekat dengan taman, museum, dan teater di Jakarta Timur. Oakwood Hotel & Apartments Taman Mini Jakarta juga menyediakan akses mudah ke jalan tol yang menghubungkan ke seluruh Jakarta; 20 menit dengan mobil ke Bandara Halim Perdanakusuma, dan 3 km dari Lotte Pasar Rebo Groceries, menjadikan Oakwood Hotel & Apartments Taman Mini Jakarta sebagai pilihan akomodasi yang ideal di Jakarta Timur.Menawarkan 124 kamar mulai dari Superior yang klasik hingga Presidential Suite yang mewah, semua kamar dilengkapi dengan perabotan dan fasilitas modern yang memenuhi kebutuhan tamu yang menginap dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

Oakwood Hotel & Apartments Taman Mini Jakarta mengakomodasi pelancong bisnis dan rekreasi dengan fasilitas yang lengkap; mulai dari ruang pertemuan untuk acara perusahaan, pertemuan pribadi dan acara yang lebih intim, hingga fasilitas seperti kolam renang luar ruangan dan pusat kebugaran hingga coffe shop galery, Saat ini sudah disediakan Bartender untuk para Pecinta kopi yang dilokasikan dekat Lobi, hingga memudahkan Tamu bersantai tanpa harus mencari tempat lain sebagai tempat pilihan yang favorite. (Mirna/Djaddie)

× Image