Home > Nasional

Wapres Ungkap Strategi Kembangkan Ekosistem Rantai Nilai Halal

K.H. Maruf Amin memaparkan langkah strategis dalam mengembangkan ekosistem rantai nilai halal dari hulu ke hilir
Dok.kominfo.go.id
Dok.kominfo.go.id

TOPNEWS62.COM - Pangkalpinang, Kominfo - Kawasan Bintan Inti Halal Hub, Kepulauan Riau (Kepri), menjadi salah satu wilayah industri halal yang diperhatikan pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Pusat Produsen Halal Terkemuka Dunia. Untuk itu, Wapres K.H. Ma’ruf Amin memaparkan langkah strategis dalam mengembangkan ekosistem rantai nilai halal dari hulu ke hilir.

Menurut Wapres, penguatan infrastruktur ekosistem rantai nilai halal menjadi hal penting dalam peningkatan daya saing dan produktivitas industri halal. Dia menekankan perlunya meningkatkan efektivitas proses bisnis sertifikasi halal, termasuk sertifikasi rumah potong hewan dan juru sembelih halal. Pemberian insentif fiskal dan nonfiskal juga diusulkan untuk meningkatkan partisipasi pelaku rantai nilai halal.

Langkah kedua yang diusulkan adalah inovasi, kolaborasi riset, dan pemanfaatan teknologi dalam memperkuat ekosistem rantai nilai halal yang inklusif, beretika, dan berkelanjutan. Wapres menekankan pentingnya pengembangan inovasi dan teknologi digital untuk mempercepat proses pengembangan ekosistem rantai nilai halal.

Langkah ketiga adalah peningkatan potensi produk halal lokal dengan memanfaatkan potensi unggulan daerah. Wapres secara khusus meminta Pemda dan masyarakat Kepri untuk terus mengembangkan produk halal sektor perikanan dan kelautan, mengingat Kepri memiliki kawasan perairan laut yang luas.

Harapannya, produk halal sektor perikanan dan kelautan Kepri dapat menembus pasar global, sementara transformasi ekonomi daerah menjadi lebih inklusif dan berkelanjutan. Wapres juga mengingatkan pentingnya pengembangan logistik halal dan pembangunan pelabuhan logistik halal di Kepri untuk mendukung perdagangan halal internasional.

Dalam sambutannya, Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga menyampaikan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Pemprov Kepri dalam pengembangan industri halal, termasuk pengembangan infrastruktur pendukung dan program-program keuangan syariah.

Diharapkan, dengan upaya bersama dari pemerintah pusat dan daerah serta partisipasi masyarakat, Indonesia dapat terus maju sebagai Pusat Produsen Halal Terkemuka Dunia.

× Image