Home > Wisata

F1 Powerboat 2024 Danau Toba

Multiplier effect dari kegiatan F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara, pada 1-3 Maret 2024 berharap naik 20 hingga 25 persen,
Dok.kemenpar.go.id
Dok.kemenpar.go.id

TOPNEWS62.COM - Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno berharap multiplier effect dari kegiatan F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara, pada 1-3 Maret 2024 naik 20 hingga 25 persen, dari yang sebelumnya berdampak ekonomi mencapai Rp391 miliar selain itu juga semakin menonjolkan produk-produk ekonomi kreatif dan budaya.

Menparekraf Sandiaga menyampaikan , Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengapresiasi berbagai pihak atas suksesnya penyelenggaraan kejuaraan olahraga air internasional di Danau Toba, termasuk F1 Powerboat 2023, yang sekaligus menempatkan Danau Toba di Indonesia sebagai host terbaik di dunia karena memiliki view yang indah.

Beliau juga pada kesempatan tersebut menyampaikan juga, para pelaku ekonomi kreatif di Danau Toba telah diberikan pelatihan untuk mendukung kesuksesan F1 Powerboat 2024.

“Jadi kami mendorong produk kuliner, produk kriya, dan fesyen dari Danau Toba ini semakin berkembang karena juga sudah kita lakukan pelatihan di berbagai sentra ekonomi kreatif di sekitar Danau Toba,” kata Menparekraf Sandiaga.

Beliau mendorong dan mengimbau untuk dapat memanfaatkan media digital sebagai informasi dan pemebritaan untuk event F1 Powerboat yang di selenggarakan di Danau Toba menjadi lebih banyak dan meriah baik secara langsung maupun tidak.

Dok.kemenpar.go.id
Dok.kemenpar.go.id

Anggaran yang dikucurkan tourism fund untuk sektor parekraf bisa mencapai Rp2 triliun setiap tahun, yang diharapkan dapat menjadi katalis baru untuk menghadirkan acara-acara kebudayaan dan eco tourism lainnya, sehingga Indonesia akan semakin dikenal di dunia.

Dana ini diharapkan dapat mendukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Nantinya, Kemenparekraf/Baparekraf akan melakukan kurasi pada setiap event sehingga kegiatan yang dihadirkan bisa berdampak pada kesejahteraan masyarakat dan membuka lapangan kerja.

“Indonesia Tourism Fund ini baru dilaporkan ke Presiden, ini masih dalam proses finalisasi, dan kita harapkan mendapatkan percepatan dari alokasi, jadi awalnya ini Rp2 triliun untuk mendukung event-event seperti ini,” kata Menparekraf Sandiaga.

Pada kesempatan itu juga , Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan F1 Powerboat 2024 akan mengalami perubahan fundamental, yaitu mengombinasikan keindahan Danau Toba dengan kebudayaan Batak.

× Image