Home > Wisata

Jalan-Jalan ke Banyuwangi Jangan Lupa Mampir Ke Lokasi Ini

Banyuwangi beragam kerajinan tangan yang menarik unik yang wajib kamu miliki
Dok. Ilustrasi/Pixabay
Dok. Ilustrasi/Pixabay

TOPNEWS62.COM, Banyuwangi – Jalan-jalan ke Banyuwangi Tidaklah lengkap jika kamu tidak mampir ke toko oleh-oleh khas Banyuwangi.Tidak hanya makanan saja yang tersedia, di sini juga ada banyak dan beragam kerajinan tangan yang menarik unik yang wajib kamu miliki dan sayang untuk dilewati.

Ini dia lokasi oleh-oleh khas Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi dan bisa bikin betah berbelanja disana.

1. Oleh-oleh di Desa Wisata Kemiren

Desa Wisata Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Desa setempat yang terkenal dengan budaya Osing yang unik dan rumah-rumah panggungnya yang khas.

Di sini kamu dapat menemukan berbagai oleh-oleh tradisional seperti kerajinan tangan dari bambu, topeng kayu, dan tenun ikat dengan motif khas.

Selain itu, kamu juga bisa cobain kopi khas Kemiren dan mampir ke toko-toko kecil yang menjual berbagai produk lokal seperti madu, sambal, dan souvenir unik.

2. Pusat Kerajinan Bambu Desa Gintangan

Kalau kamu liburan ke Kawah Ijen yang terkenal dengan blue fire dan suasana padang savana di kawasan Taman Nasional Baluran, kamu bisa mampir ke Desa Gintangan, Kecamatan Rogojampi, banyak terdapat produk anyaman bambu yang bisa jadi salah satu lokasi beli oleh-oleh khas Banyuwangi.

Di Desa Gintangan ini, keterampilan menganyam yang dimiliki para perajin diwariskan secara turun-temurun. Di sini, kamu dapat melihat proses pembuatan produk anyaman bambu dan membeli langsung berbagai macam hiasan ruangan khas dari anyaman bambu seperti hiasan dinding hingga peralatan dapur.

3. Istana Gandrung Banyuwangi

Tempat untuk beli oleh-oleh selanjutnya adalah Istana Gandrung Banyuwangi. Ini merupakan salah satu pusat oleh-oleh terlengkap. Mulai dari camilan, makanan khas, souvenir, serta kaos etnik yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh.

Kamu bisa mengunjungi pusat oleh-oleh ini yang berlokasi di Jalan Jember KM 7, Dadapan, Kabat, Dusun Krajan atau tepatnya di depan Hotel El Royale Banyuwangi. Kamu bisa kapan saja datang, soalnya buka selama 24 jam.

4. Sun Osing Banyuwangi

Foto: Sun Osing Center Brawijaya Pusat Oleh-Oleh Khas Banyuwangi dan Cafe & Resto

Lokasi beli oleh-oleh Banyuwangi selanjutnya adalah Sun Osing. Pusat oleh-oleh Banyuwangi sekaligus restoran ini punya dua cabang. Ada di Jalan Brawijaya No. 67, Kebalenan, Glagah dan di Dusun Krajan, Blimbingsari, Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi.

Di sini kamu juga bisa menemukan berbagai macam produk khas Banyuwangi seperti anyaman bambu, kaos etnik, aksesoris atau pernak pernik khas Banyuwangi, hingga bermacam jajanan maupun makanan khas Banyuwangi yang pastinya lengkap dan terjangkau.

5. Pusat Oleh-oleh Osing Deles

Pusat oleh-oleh di Banyuwangi yang berlokasi di Jalan Agus Salim, Taman Baru, Kabupaten Banyuwangi ini sudah tidak asing lagi bagi yang hobi berbelanja. Buka mulai pukul 08.00-22.00 WIB, lokasi beli oleh-oleh ini selalu ramai dikunjungi karena menjual berbagai produk lokal UMKM yang ada di Banyuwangi.

Ada berbagai kerajinan tangan dari bambu dan rotan, serta berbagai souvenir hingga batik khas Banyuwangi. Kamu juga dapat membeli oleh-oleh khas Banyuwangi seperti kopi, gula merah, dan keripik pisang dengan harga yang terjangkau di sini. Buat kamu yang hobi nawar, kamu bisa dapat harga terbaik di sini.

× Image