Home > Nasional

Tangguh Awards 2024 BNPB Diumumkan

Selamat kepada para pemenang lomba kreativitas bidang kebencanaan BNPB tahun 2024
Dok. BNPB
Dok. BNPB

TOPNEWS62.COM, JAKARTA --BNPB mengumumkan pemenang Tangguh Awards 2024 dalam acara yang digelar di Jakarta, dikutip dari Pusdatin KK BNPB pada Sabtu (21/9). Acara ini bertujuan meningkatkan literasi dan kesadaran masyarakat terhadap penanggulangan bencana, serta memperkuat resiliensi masyarakat dalam menghadapi risiko bencana. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy hadir untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para peserta dan pemenang.

Tangguh Awards 2024 melombakan lima kategori utama: foto single, foto cerita, poster, film pendek, dan jingle, dengan total 1.677 karya diterima. Jumlah karya yang masuk menunjukkan tingginya partisipasi dan antusiasme masyarakat terhadap upaya penanggulangan bencana. Menurut Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, setiap kategori menampilkan beragam pendekatan kreatif dalam mengomunikasikan pesan kesiapsiagaan bencana. Karya-karya yang dihasilkan tidak hanya mencerminkan pandangan yang berbeda mengenai kesiapsiagaan, tetapi juga menggarisbawahi inovasi dan dedikasi masyarakat dalam meningkatkan kesadaran tentang risiko bencana.

Pemenang Kompetisi

Tangguh Awards 2024 merupakan agenda tahunan BNPB yang dapat diikuti oleh masyarakat. Pada tahun ini, panitia BNPB menghadirkan 5 kategori lomba. Karya lomba para pemenang nantinya dapat dimanfaatkan secara luas untuk kepentingan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

Berikut ini para pemenang lomba pada setiap kategorinya.

Kategori Foto Single

Juara 1 Nadirsyah

Juara 2 M Awaluddin Fajri

Juara 3 Soetomo

Kategori Foto Cerita

Juara 1 Arif Hidayah

Juara 2 Arie Basuki

Juara 3 Pradita Utama

Kategori Poster

Juara 1 Chika Yutha Cahyacetta

Juara 2 Richi Rizkyanto

Juara 3 Sie Swie Mei

Kategori Film Pendek

Juara 1 Sapto Agus Irawan

Juara 2 Daniel Candra Ayusran

Juara 3 Dwi Nur Oktaviani

Kategori Jingle

Juara 1 Arif Haryawan

Juara 2 Andhika Satria Nugraha

Juara 3 Fadli Arifin

Sedangkan pada penghargaan khusus, yaitu tokoh inspiratif bidang kebencanaan, BNPB memberikan penghargaan kepada Boy Tri Harjanto. Sosok pewarta foto lepas ini berkontribusi dalam menghadirkan karya fotografi kebencanaan. Melalui foto erupsi Gunung Merapi, Boy mencetaknya dalam bentuk buku. Hasil penjualan buku tersebut digunakan untuk pemulihan ekonomi Masyarakat pascaerupsi 2010.

BNPB menyampaikan terima kasih atas dukungan berbagai pihak, di antaranya BRI, Mandiri, Siap Siaga, Entrasol, MyFruit PT Laris Manis Utama, Cleo, Bon Cabe, Pocari Sweat, EJ Sport dan Fitbar untuk suksesnya Run for Resilience 5K dan Tangguh Awards 2024.

× Image