Home > Travel dan Haji

Ketua PPIH: Kawal Haji Mempercepat Penyelesaian Masalah Jemaah

PPIH telah meluncurkan kanal khusus bernama Kawal Haji sebagai sarana pengaduan bagi jemaah
Dok.kemenag
Dok.kemenag

TOPNEWS62.COM, Jeddah - Dalam pelaksanaan ibadah haji tahun 1445 H/2024 M, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) telah meluncurkan kanal khusus bernama Kawal Haji sebagai sarana pengaduan bagi jemaah. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi penanganan keluhan selama penyelenggaraan haji.

Ketua PPIH Arab Saudi, Nasrullah Jasam, menyatakan bahwa aplikasi Kawal Haji, yang dapat diunduh pada ponsel pintar berbasis Android, telah membantu petugas merespons keluhan jemaah dengan lebih cepat.

“Sejauh ini, aplikasi Kawal Haji sangat efektif. Banyak masalah yang bisa diselesaikan dengan cepat karena informasi yang diterima langsung oleh PPIH dapat segera ditangani oleh pihak terkait,” ungkap Nasrullah Jasam di Jeddah, Selasa (2/7/2024).

Menurut data, aplikasi Kawal Haji telah diunduh oleh lebih dari 12 ribu pengguna. Selama penyelenggaraan ibadah haji hingga 1 Juli 2024, terdapat 3.334 laporan yang masuk melalui aplikasi tersebut. “Lebih dari tiga ribu laporan telah masuk dan hampir semuanya dapat segera diselesaikan,” ujar Nasrullah.

Untuk memantau pengaduan yang masuk, PPIH menugaskan enam operator yang bekerja secara bergiliran selama 24 jam. Mereka bertugas untuk meneruskan setiap laporan kepada pihak terkait.

“Contohnya, jika ada masalah terkait konsumsi, laporan tersebut langsung diteruskan ke Kepala Bidang Konsumsi dan ditindaklanjuti oleh para Kasi di masing-masing Daerah Kerja (Daker), serta pelaksana konsumsi di setiap sektor,” jelas Nasrullah.

Aplikasi Kawal Haji juga memanfaatkan teknologi GPS (Global Positioning System) untuk membantu menemukan posisi jemaah yang terpisah dari rombongan.

“Fasilitas GPS sangat membantu dalam menemukan posisi jemaah yang terpisah dari rombongan. Ke depannya, kami berharap aplikasi ini dapat lebih disempurnakan dan disosialisasikan lebih awal agar seluruh jemaah haji Indonesia dapat memanfaatkannya,” tutur Nasrullah.

Selain sebagai kanal pengaduan, aplikasi Kawal Haji juga memungkinkan jemaah untuk memberikan apresiasi terhadap pelayanan dan kinerja petugas.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada jemaah yang telah memberikan apresiasi melalui aplikasi Kawal Haji. PPIH berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pelayanan bagi para jemaah,” tutup Nasrullah.

× Image