Home > Gaya Hidup

Tips Menggunakan Posisi Ban Serep Hyundai CRETA dan Panduan Praktis Pergantian

Penempatan posisi ban serep pada tiap mobil bisa berbeda. Hyundai CRETA (semua lineup), posisi ban serep terletak di bagasi belakang. Untuk membuka dan menggunakannya tinggal mengangkat cover dan meletakkannya secara miring pada slot.
Dok.Hyundai Gowa
Dok.Hyundai Gowa

TOPNEWS62.COM- Jakarta, Selasa (14/05/2024) Ban serep merupakan komponen penting yang dapat menolong saat mobil mengalami keadaan darurat seperti ban kempis atau bocor. Namun, penggunaannya perlu diperhatikan dengan cermat agar tidak menimbulkan risiko tambahan.

Perlu diketahui, penempatan posisi ban serep pada tiap mobil bisa berbeda. Pada Hyundai CRETA (semua lineup), posisi ban serep terletak di bagasi belakang. Untuk membuka dan menggunakannya tinggal mengangkat cover dan meletakkannya secara miring pada slot yang telah disediakan.

Langkah selanjutnya, pengguna Hyundai CRETA dapat memutar pengunci di bagian tengah ke arah berlawanan jarum jam. Lalu, angkah ban serep keluar mobil dan siap untuk pergantian di posisi ban yang mengalami masalah. Perlu hati-hati pada saat mengangkat ban serep yang memiliki bobot cukup berat, dan meletakannya di jalan kondisi berbaring untuk menghindari efek menggelinding di badan jalan.

Dok.Hyundai Gowa
Dok.Hyundai Gowa

"Hyundai GOWA senantiasa peduli akan keselamatan dan kenyamanan pelanggan. Ban serep menjadi salah satu komponen krusial dalam situasi darurat di jalan, dan kami ingin memastikan penggunaannya dilakukan dengan tepat dan efisien," kata Ferry, Chief Operating Officer Hyundai GOWA. "Dengan mematuhi panduan yang diberikan, kami di Hyundai GOWA berharap pengemudi Hyundai CRETA dapat mengganti ban serep dengan cepat dan aman, sehingga perjalanan pelanggan dapat dilanjutkan dengan lancar."

Tips Menggunakan Ban Serep yang Efektif:

  1. Perhatikan Ban Cadangan: Ban serep memiliki ukuran dan karakteristik yang berbeda dengan ban normal. Gunakan hanya untuk keadaan darurat atau sementara, serta hanya digunakan dalam waktu dan jarak tertentu saja.
  2. Segera Ganti dengan Ban Normal yang Sesuai: Ban serep digunakan pengemudi hanya untuk membantu pengemudi bisa sampai ke tempat servis atau bengkel resmi terdekat. Sangat disarankan, untuk dapat diarahkan ke cabang bengkel resmi Hyundai GOWA terdekat, agar penangannya sesuai standar kelaikan dan lebih presisi oleh teknisi yang telah bersertifikat resmi dan berpengalaman. Batasi jarak tempuh saat menggunakan ban serep untuk menghindari kerusakan pada komponen mobil lainnya.
  3. Hindari Kecepatan Tinggi: Saat menggunakan ban serep, hindari berkendara dengan kecepatan tinggi, terutama melebihi 80 km per jam. Informasi mengenai batas kecepatan ban serep yang digunakan dapat dibaca di buku petunjuk mobil atau yang tertera di ban serep.
  4. Berkendara Aman: Gunakan jalur kiri dan nyalakan lampu hazard jika berkendara di malam hari dengan ban serep.

Panduan Praktis untuk Pergantian Ban Serep Mobil:

  1. Parkir Mobil dengan Aman dan Pasang Tanda Peringatan: Matikan mesin mobil, letakkan tanda peringatan, dan siapkan alat-alat yang diperlukan.
  2. Kendorkan Baut Ban: Kendurkan baut ban yang bermasalah tadi secara bersebrangan dengan menggunakan kunci roda.
  3. Gunakan Dongkrak: Tempatkan dongkrak pada titik yang tepat dan angkat mobil hingga ban terangkat dari badan jalan.
  4. Buka Semua Baut Ban: Lepaskan semua baut ban yang bocor atau kempis tadi dengan hati-hati.
  5. Pasang Ban Serep dan Kencangkan Baut Ban: Pasang ban serep dan kencangkan baut ban. Lalu turunkan dongkrak, hingga ban kembali menyentuh badan jalan. Setelah itu, kencangkan baut ban cadangan secara optimal.
  6. Rapikan Peralatan: Setelah selesai, rapikan semua peralatan dan simpan ban yang bermasalah di tempat ban serep Hyundai CRETA tadi, lalu putar kuncian searah jarum jam hingga kencang.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengganti ban serep, Anda dapat mencari bengkel resmi Hyundai GOWA terdekat untuk mendapatkan bantuan dari para teknisi yang bersertifikat resmi dan berpengalaman.

Dengan memahami dan mengikuti panduan ini, diharapkan penggunaan dan penggantian ban serep mobil dapat dilakukan dengan aman dan efektif. Tetaplah waspada dan selalu periksa kondisi ban secara berkala untuk keselamatan berkendara yang lebih baik.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan purnajual, pelanggan dapat menghubungi Cabang Hyundai Gowa terdekat atau Hyundai Gowa Call Center di 0812 1000 9400 atau kunjungi website resmi di www.hyundaigowa.com.

× Image