Home > Nasional

MAN 2 Kota Serang: Komitmen Menuju Pendidikan Berkualitas

Program pendidikan di MAN 2 Kota Serang tidak lepas dari ranah pendidikan Islam, yakni ranah basyariah dan insaniah. Arah ranah basyariah adalah pendidikan moral yang baik, dan ranah insaniah mencakup pada penguasaan ilmu pengetahuan yang mumpuni.
foto: maqbul sidiq
foto: maqbul sidiq

TOPNEWS62.COM Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 di Kota Serang berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, meskipun dihadapkan pada tantangan dunia pendidikan modern yang menuntut lulusan yang kompeten dan bersaing. Udin Ali Abas, MA., selaku Kepala MAN 2 Kota Serang, mengungkapkan hal ini dalam Rapat Komite Madrasah yang berlangsung di Aula MAN 2 Kota Serang pada Sabtu, 23 Maret 2024.

Dalam acara yang dihadiri oleh orang tua siswa yang baru dinyatakan lulus PPDB 2024, Udin Ali Abas menjelaskan saat ini madrasah sudah menjadi sorotan dan pilihan masyarakat, karena madrasah mampu membuktikan dirinya menjadi lembaga pendidikan yang berkualitas. Indikator keberhasilannya dapat dilihat dari besarnya jumlah alumni MAN 2 Kota Serang yang diterima di perguruan tinggi negeri favorit. “sebelumnya madrasah dianggap sebagai sekolah biasa untuk orang-orang biasa, tetapi sekarang madrasah adalah lembaga pendidikan yang bisa bersaing.” tegasnya.

Lebih lanjut Udin Ali Abas menjelaskan, program pendidikan yang diterapkan di MAN 2 Kota Serang tidak lepas dari konsep pendidikan Islam yang mengarah pada ranah basyariah dan insaniah. Arah ranah basyariah adalah pendidikan moral yang baik sedangkan ranah insaniah mencakup pada penguasaan ilmu pengetahuan yang mumpuni. Karena itu para siswa diajarkan muatan kurikulum nasional dan juga diajarkan ilmu-ilmu keagamaan sekaligus, hal itulah yang menjadi keunggulan MAN 2 Kota Serang.

Selain itu, MAN 2 Kota Serang juga menawarkan berbagai program pengembangan siswa yang mencakup pembelajaran ekstensif dalam sains, pengembangan bahasa, matikulasi sains dan bahasa, ilmu keagamaan, penelitian, literasi, teknopreneur, serta pengembangan minat dan bakat. Udin Ali Abas menambahkan, “kemampuan dan minat anak sangat beragam, makanya nanti kita cluster sesuai dengan kondisi anak, Kami menyesuaikan program berdasarkan kemampuan dan minat siswa untuk memberikan pendidikan yang paling sesuai untuk mereka."

Pada kesempatan yang sama, Mohammad Ikhsan, ST., MM., Ketua Komite MAN 2 Kota Serang, menegaskan dukungannya terhadap upaya madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Ia juga mengajak para orang tua untuk bekerja sama dan mendukung program-program madrasah, mengingat pentingnya sinergi antara madrasah, siswa, dan orang tua dalam mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas. “Komite berupaya dapat memberikan dukungan untuk program-program madrasah dan berusaha untuk bisa menjembatani kebutuhan madrasah dengan aspirasi siswa dan orang tua, serta mengajak orang tua siswa bersinergi, bersama-sama membantu madrasah.” ujarnya. (MS)

× Image