Home > Wisata

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI, dan ASTINDO Menghadirkan Paket Wisata Kereta Api

Meningkatkan Pergerakan Wisatawan Nusantara dan Liburan Lebaran yang Lebih Menarik
Dok.kemenparekraf.go.id
Dok.kemenparekraf.go.id

TOPNEWS62.COM - Jakarta, 18 Maret 2024 - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) telah menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/a dengan Kereta Api" dalam menyambut musim liburan Lebaran yang akan datang dan untuk mencapai target pergerakan wisatawan domestik sebesar 1,5 miliar pada tahun 2024.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan penuh dari PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO terhadap pemulihan dan revitalisasi sektor pariwisata. "Presiden telah memberikan arahan terkait pelaksanaan program gerakan nasional Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), untuk meningkatkan jumlah perjalanan wisatawan domestik.

Targetnya tahun ini adalah mencapai 1,5 miliar pergerakan wisatawan domestik," kata Sandiaga.

Melalui inisiatif ini, Menteri Sandiaga berharap dapat menarik lebih banyak wisatawan domestik dan mendorong mereka untuk merencanakan perjalanan liburan mereka selama Lebaran dengan KAI dan agen perjalanan.

"Dengan promosi dan paket wisata yang ditawarkan, kami berharap dapat meningkatkan pengalaman dan meninggalkan kesan yang mendalam bagi wisatawan domestik," ujar Sandiaga.

Dwi Marhen Yono, Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara, mengungkapkan data dari Kementerian Perhubungan pada tahun 2022 pasca pandemi menunjukkan 85,5 juta orang melakukan mudik untuk Lebaran. Angka tersebut meningkat menjadi 123,8 juta pada tahun 2023. Diproyeksikan akan meningkat 56 persen pada tahun 2024, setara dengan 193,6 juta pergerakan. "Jika kami dapat mengoptimalkan 193,6 juta pergerakan ini, akan ada potensi ekonomi yang signifikan.

Itulah sebabnya kami baru-baru ini mengumpulkan 15 Kepala Dinas Pariwisata yang melakukan perjalanan dengan kereta api di Jawa untuk menangkap peluang ini dan mengubahnya menjadi paket wisata agar orang tidak hanya tinggal di rumah tetapi dapat melakukan perjalanan," kata Marhen.

Hadis Surya Palapa, Direktur Komersial PT Kereta Api Indonesia, menjelaskan bahwa dalam kolaborasi dengan Kemenparekraf dan ASTINDO, terdapat dua program turunan dari "Bundling Paket Wisata dengan Kereta Api," yaitu Nyok Mudik ke Jakarte Aje dan Wisata Senin-Kamis. Untuk Nyok Mudik ke Jakarte Aje, terdapat sekitar 20 rute menuju Jakarta yang dapat dimanfaatkan oleh calon wisatawan, dikemas dengan paket wisata menarik termasuk akomodasi, kuliner, dan objek wisata. "Kami menawarkan diskon untuk tiket kereta api hingga 30 persen dan berlaku selama liburan Lebaran," ujar Hadis.

Sementara itu, program Wisata Senin-Kamis menawarkan tiket kereta api dengan diskon menarik untuk berbagai tujuan pada setiap keberangkatan Senin hingga Kamis khusus untuk agen perjalanan yang menggabungkan layanannya menggunakan kereta api. "Kami juga menawarkan tiket promosi hingga 30 persen dan promosi ini berlangsung hingga setelah Lebaran. Dan hanya tersedia pada Senin dan Kamis," kata Hadis.

Selain program kolaborasi, PT. KAI juga menyelenggarakan program Ramadhan Festive yang dikelola secara mandiri. Berlangsung pada 20-21 Maret 2024, KAI menyediakan 3.800 tempat duduk dengan tarif untuk kelas eksekutif seharga Rp300.000, kelas bisnis Rp250.000, dan kelas ekonomi Rp200.000 dengan berlaku selama musim Lebaran. Khusus pada 21 Maret 2024, akan ada penawaran menarik dalam bentuk flash sale selama satu jam bagi para pelancong. KAI menawarkan tiket kereta api super murah hanya dengan Rp150.000 untuk kelas eksekutif dengan tujuan manapun. "Dengan menawarkan tarif yang menarik seperti itu, keselamatan tetap menjadi prioritas kami. Juga, menyediakan layanan berkualitas dan pengalaman perjalanan adalah perhatian kami," katanya.

Ketua Umum ASTINDO, Pauline Suharno, mengatakan bahwa sementara KAI menyediakan moda transportasi untuk mendukung pergerakan wisatawan domestik, ASTINDO berperan sebagai penyedia paket-paket wisata tematik di daerah. "Kami membuat paket-paket di mana orang dapat melakukan perjalanan dari Nganjuk, Blitar, Kebumen, kota-kota yang tidak dapat dijangkau dengan bandara. Jadi mereka dapat berlibur di Jakarta dengan diskon promosi untuk hotel, atraksi, dan tiket kereta," kata Pauline.

"Paket wisata ini tidak terbatas hanya di Jakarta, tetapi akan ada varian paket wisata lainnya dari kolaborasi antara ASTINDO dan Kereta Api Indonesia," katanya.

× Image