Home > Wisata

"Pontianak City Run: Dorong Wisata Olahraga dan Ekonomi di Kalimantan Barat"

Menandai upaya berkembangnya potensi wisata olahraga di Kalimantan Barat, terutama di Pontianak
Dok.kemenparekraf.go.id
Dok.kemenparekraf.go.id

TOPNEWS62.COM - Pontianak,Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, mengungkapkan apresiasi terhadap pelaksanaan Pontianak City Run pada Minggu (25/2/2024), yang menandai upaya berkembangnya potensi wisata olahraga di Kalimantan Barat, terutama di Pontianak.

Sandiaga menyatakan bahwa kegiatan seperti ini merupakan contoh nyata dari sports tourism, di mana pariwisata yang berbasis pada olahraga tidak hanya memberikan dampak positif bagi kesehatan tetapi juga bagi sektor pariwisata dan ekonomi lokal. Dalam acara tersebut, ada tiga kategori jarak tempuh yang ditawarkan, yaitu 5 kilometer, 10 kilometer, dan 21 kilometer.

Selain mengembangkan potensi pariwisata olahraga di Pontianak, Sandiaga juga menyoroti dampak positif acara ini terhadap perekonomian UMKM setempat. "Partisipasi UMKM dalam acara ini turut mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Hal ini memberikan peluang usaha baru dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat," ujarnya.

Meskipun tidak secara langsung berpartisipasi sebagai peserta, Sandiaga hadir dalam acara tersebut untuk memberikan penghargaan kepada para peserta di garis finish sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi mereka dalam acara tersebut. Turut mendampingi Sandiaga dalam acara tersebut adalah Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, Fransiskus Handoko, serta Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhen Yono.

Dengan kesuksesan Pontianak City Run sebagai momentum untuk pengembangan wisata olahraga di Pontianak, diharapkan akan terus terjadi kolaborasi antara pemerintah, penggiat olahraga, dan pelaku ekonomi lokal untuk memajukan sektor pariwisata dan ekonomi di Kalimantan Barat.

× Image