Home > Gaya Hidup

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan kecantikan Tubuh Kita

Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan kecantikan Tubuh Kita
Dok. www.topnews62.com
Dok. www.topnews62.com

TOPNEWS62.COM - Tanaman lidah buaya dikenal dengan nama latinnya tanaman Aloevera yang banyak manfaat buat kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Selain itu jug dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan, mulai dari penyakit kulit hingga sembelit.

Selain itu, manfaat lidah buaya yang paling populer adalah dapat melembabkan kulit. Karena banyak dipakai untuk produk kecantikan yang menjadikan lidah buaya sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit kering.tanaman ini mudah di jumpai dan di tanam di pekarangan rumah kita.

Ini beberpa manfaat tanaman lidah buaya untuk kesehatan :

1. Mengatasi kulit kering

Mengoleskan lidah buaya ke kulit dapat membantu mengatasi kulit kering. Pasalnya, dalam lidah buaya terkandung mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang baik untuk menguatkan skin barrier sehingga kulit menjadi lebih lembap.

2. Menghilangkan jerawat

Penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel lidah buaya juga bermanfaat untuk wajah jika digunakan setiap pagi dan sore hari, bersamaan dengan obat antijerawat yang telah diresepkan dokter, mampu meningkatkan efektivitas obat dalam menyembuhkan jerawat.

Manfaat lidah buaya untuk mengatasi jerawat ini diperoleh berkat kandungan asam salisilat dan senyawa antiseptik lain di dalamnya yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel atau krim lidah buaya ke kulit dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar derajat ringan (derajat 1 dan 2). Hal ini karena gel lidah buaya mengandung vitamin, mineral, dan asam amino yang dapat mempercepat penyembuhan luka.

4. Mengatasi ketombe

Mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala secara rutin 2−3 kali seminggu, dan membiarkannya selama 30 menit hingga 1 jam sebelum keramas, dapat membantu mengatasi ketombe.

Berdasarkan penelitian, lidah buaya memiliki efek melembapkan dan antiperadangan yang dapat menjaga kelembapan dan mengurangi iritasi di kulit kepala, sehingga ketombe berkurang.

5. Mengurangi kolestrol

Lidah buaya yang telah diolah menjadi suplemen juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen lidah buaya dapat menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

6. Mengatasi psoriasis

Penggunaan krim dengan kandungan lidah buaya juga mampu mengurangi kulit bersisik dan gatal akibat psoriasis. Manfaat ini didapatkan dari efek antiradang yang dimiliki lidah buaya sehingga dapat mengurangi kemerahan dan mencegah keparahan psoriasis.

× Image