Home > Wisata

10 Danau Terindah di Indonesia

Keelokan alam yang luar biasa adalah eksotisnya danau yang tersebar di seluruh kepulauan di Indonesia.
Dok. Ilustrasi/Pexels
Dok. Ilustrasi/Pexels

TOPNEWS62.COM– Indonesia sangat dikenal dengan berbagai keindahan alamnya yang memukau dan menakjubkan bagi wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal bahkan wisatawan mancanegara juga sangat takjub akan keindahan alam Indonesia.

Salah satu keelokan alam yang luar biasa adalah eksotisnya danau yang tersebar di seluruh kepulauan di Indonesia. Masing-masing danau di Indonesia punya daya tarik yang khas.

Dari sekian banyak danau yang menjadi salah satu kekayaan alam Indonesia, 10 danau ini saja yang paling eksotik:

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba adalah salah satu danau terbesar di dunia dengan keajaiban alam yang menakjubkan. Terbentuk oleh letusan dahsyat Gunung Toba pada 74.000 tahun yang lalu, menjadikan danau ini sebagai daya tarik utama di Sumatera Utara.

Dengan luas lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman mencapai 450 meter, Danau Toba terlihat lebih mirip lautan dibandingkan sebuah danau. Dengan keindahan alam Danau Toba, terbentuk Pulau Samosir yang berada di tengah danau vulkanik terbesar di dunia ini, dan menjadi rumah bagi budaya Batak.

Selain panorama Danau Toba yang memukau, di sini kamu bisa lihat langsung keindahan alam berupa deretan pegunungan dan pepohonan hijau yang menyegarkan mata.

2. Danau Singkarak, Sumatera Barat

Danau Singkarak, jadi danau kedua terbesar di Sumatra setelah Danau Toba. Danau ini punya pemandangan yang epik dengan latar belakang pegunungan yang indah. Danau Singkarak masuk dalam dua wilayah kabupaten di Sumatera Barat, yaitu Solok dan Tanah Datar.

Dengan latar belakang bukit barisan jadi menambah keindahan panorama danau yang terkenal juga dengan kuliner ikan patinnya yang lezat. Ditambah udara segar dan angin yang sejuk menyapa yang datang berkunjung ke Danau Singkarak.

3. Danau Sentani, Papua

Terletak di dekat Kota Jayapura, Danau Sentani adalah danau yang indah dengan latar belakang pegunungan Papua yang megah dan gugusan kurang lebih 22 pulau. Danau ini terkenal karena rumah-rumah tradisional yang terapung di atas air, yang disebut “kampung Yoboi.” Ini adalah tempat yang pas kalau kamu mau tau budaya asli Papua.

Selain itu, danau yang menjadi salah satu destinasi wisata #DiIndonesiaAja ini juga dikelilingi perbukitan hijau bagaikan Bukit Teletubbies yang mencuri pandangan dari kejauhan. Luasnya hamparan perbukitan berwarna hijau dan bergelombang tersebut yang bakal bikin kamu jatuh cinta.

4. Danau Maninjau, Sumatera Barat

Danau Maninjau yang dalam bahasa Minangkabau berarti “peninjauan” atau “pemandangan” adalah perairan tenang di tengah pegunungan Bukit Barisan.

Pemandangan yang indah dan suasana yang tenang membuat danau Maninjau yang berada di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat menjadi tempat yang cocok untuk kamu bersantai.

Danau Maninjau adalah danau vulkanik yang berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut dan menjadi sebuah kaldera dari letusan besar gunung api strato komposit yang berkembang di zona tektonik sistem sesar besar Sumatera yang bernama Gunung Sitinjau.

5. Danau Ranau, Sumatera Selatan

Pulau Sumatera memang menyimpan banyak kekayaan alam yang luar biasa dan jarang ditemui di tempat lain di Indonesia. Salah satunya Danau Ranau yang berada di dua provinsi Lampung dan Sumatra Selatan, tepatnya di perbatasan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumsel dan Kabupaten Lampung Barat, Lampung.

Danau Ranau menjadi salah satu danau terbesar di Sumatera yang memiliki luas 125,9 kilometer persegi dengan titik terdalam 174 meter di bawah permukaan air. Danau ini dikelilingi oleh pegunungan dan hutan lebat. Kamu bisa memancing, bersepeda, dan mendaki.

6. Danau Poso, Sulawesi Tengah

Danau Poso, salah satu danau terdalam yang ada di Indonesia dan terletak di Sulawesi Tengah. Di sini bisa berenang, menyelam, atau hanya bersantai di tepi pulau. Danau Poso juga terkenal dengan pasirnya yang memiliki warna kuning keemasan, ditambah gelombang air dari danau ini juga mirip dengan gelombang air laut.

Danau Poso berada di ketinggian 657 meter di atas permukaan laut, dengan kedalaman mencapai 510 meter. Danau Poso juga memiliki luas mencapai 32.000 hektare dan membentang luas dari utara ke selatan.

7. Danau Gunung Tujuh, Jambi

Terletak di Taman Nasional Kerinci Seblat, Danau Gunung Tujuh adalah danau tertinggi di Indonesia karena memiliki ketinggian sekitar 1.950 meter di atas permukaan air laut. Danau ini dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang lebat, jadi cocok untuk kamu berjalan-jalan santai sambil menikmati alam.

Selain itu, pesona keindahan dari Danau Gunung Tujuh, ada gugusan gunung-gunung yang mengelilingi danau di kawasan ini. Panorama danau dengan latar deretan gunung yang sangat eksotis.

8. Danau Kelimutu, Flores

Danau Kelimutu di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) terkenal karena airnya yang berubah warna. Danau ini ada di puncak Gunung Kelimutu, yang merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif.

Terdapat tiga danau kawah dengan warna yang berbeda-beda: biru, hijau, dan merah. Perubahan warna ini disebabkan oleh mineral dan gas vulkanik yang ada di dalamnya. Ini adalah salah satu fenomena alam yang paling mengesankan di Indonesia.

Keindahan dari Danau Kelimutu pertama kali ditemukan oleh Lio Van Such Telen, seorang warga berkebangsaan Belanda pada tahun 1915. Hingga pada tahun 1992, gunung ini dijadikan sebagai tempat Konservasi Nasional Alam Kelimutu.

9. Danau Matano, Sulawesi Selatan

Danau Matano adalah salah satu danau terdalam di Asia Tenggara, kren kedalamannya lebih dari 590 meter. Danau Matano masuk daftar danau terdalam di dunia peringkat ke-9.

Terletak di Desa Matano, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Danau Matano merupakan sebuah danau tektonik purba yang terbentuk dari aktivitas pergerakan lempeng kerak bumi pada akhir masa Pliosin sekitar 2-4 juta tahun yang lalu (Haffner et al. 2001). Buat Kamu yang suka menyelam, kamu juga bisa lihat keindahan bawah air Danau Matano.

Danau Matano sendiri masuk dalam kawasan konservasi Taman Wisata Alam Danau Matano, jadi banyak dimanfaatkan buat pariwisata dan rekreasi alam.

10. Danau Beratan, Bali

Danau Beratan, salah satu danau yang paling terkenal di Bali. Terletak di kawasan pegunungan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Danau Beratan punya latar belakang yang eksotis dengan Pura Ulun Danu Bratan yang ikonik yang terletak di tepi danau khas Pulau Dewata. Danau Beratan juga jadi salah satu spot favorit untuk foto-foto dan video.

× Image