Home > Wisata

Destinasi yang Dapat Dikunjungi dari Sunrise Sampai Sunset di Kintamani

Letaknya yang terdapat di daerah pegunungan, tepatnya di Kabupaten Bangli
Ilustrasi/Pixabay
Ilustrasi/Pixabay

TOPNEWS62.COM – Kintamani merupakan salah satu surga di Bali yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur. Letaknya yang terdapat di daerah pegunungan, tepatnya di Kabupaten Bangli Kamu bisa menikmati indahnya panorama gunung berapi, danau, dan kebudayaan lokal.

Kalau Kamu cuma punya 1 hari untuk explore keindahan Kintamani lebih dekat, kamu bisa lakukan hal-hal berikut dari sunrise hingga sunset:

1. Awali Pagi dengan Sunrise di Gunung Batur

Pagi hari adalah waktu yang sempurna untuk mengunjungi Gunung Batur yang ada di Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Hal pertama yang bisa dilakukan, pendakian pagi untuk menyaksikan matahari terbit yang menakjubkan dari puncak gunung berapi aktif yang memiliki ketinggian 1.717 meter di atas permukaan laut ini.

Sebelum melakukan pendakian, jangan lupa untuk membawa jaket, kamera, dan sarapan ringan untuk menikmati pengalaman ini dengan nyaman.

2. Berkunjung ke Danau Batur

Setelah menikmati sunrise di Gunung Batur, selanjutnya Kamnu bisa mengunjungi Danau Batur yang berada di kaki Gunung Batur.

Danau Batur sendiri merupakan danau yang terbentuk secara alami dari letusan dahsyat Gunung Batur sekitar 29 ribu tahun lalu. Uniknya bentuk Danau Batur menyerupai bulan sabit dan berada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut, luas 16 km persegi, serta memiliki kedalaman sekitar 50,8 km.

Di sini, Kamu dapat menyewa perahu dan menjelajahi danau yang tenang sambil menikmati pemandangan sekitar. Kalau mau menikmati Danau Ranau lebih santa, di sini ada beberapa restoran dan warung makan yang bisa kamu kunjungi.

3. Wisata Kuliner di Kintamani

Waktunya makan siang, Kintamani juga terkenal dengan kelezatan kuliner lokalnya. Untuk makanannya, kamu bisa coba Mujair Nyat Nyat yang diolah dari hasil budidaya ikan mujair di Danau Batur dengan nasi hangat atau kamu yang kangen sama Ayam Betutu, di Kintamani juga bisa kamu nikmatin.

4. Mengunjungi Pura Ulun Danu Batur

Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali tak hanya memiliki keindahan alam yang mempesona dan keunikan budayanya. Tapi ada juga Pura Ulun Danu yang terkenal dengan pemandangan eksotisnya dan terletak di tepi Danau Batur. Pura ini didedikasikan untuk Dewa Wisnu dan Dewi Danu (dewi danau) dan merupakan tempat suci bagi orang Bali.

Dilansir dari website resmi Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Pura Ulun Danu Batur merupakan sebuah kompleks pura terpenting kedua di Bali, setelah pura terbesar Besakih. Ulun Danu sendiri secara harfiah dapat diterjemahkan sebagai “kepala danau”. Di Pura ini kamu bisa menemukan ketenangan dan keindahan arsitektur tradisional Bali.

5. Menikmati Panorama Seja di Pinggir Jalan Raya Penelokan

Penelokan adalah tempat terbaik untuk menikmati panorama penuh Kintamani. Berada di Jl. Raya Penelokan, Desa Batur Tengah, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Dari sini, Kamu bisa melihat keindahan panorama senja Gunung Batur, Danau Batur, dan hijaunya alam sekitarnya.

Saat berkunjung ke Penelokan jangan lupa untuk membawa kamera dan mengabadikan keindahan alam di sana ya.

Di sini, selain dapat menikmati sejuknya suasana alam sekitar, di Penelokan juga ada fasilitas lain, seperti penginapan, tempat makan, dan tempat bersantai sambil menikmati secangkir kopi arabika khas Kintamani sambil memandang keindahan Gunung Batur serta Danau Batur.

× Image