Home > Filantropi

Malam Muhasabah di Masjid Muhammad Cheng Hoo

Santri dan Orang Tua Merenungi Tugas dan Tanggung Jawab Bersama
Dok. BMH Sumut
Dok. BMH Sumut

TOPNEWS62.COM, Karo - Ahad malam - puluhan santri bersama orang tua mereka menghadiri acara Malam Muhasabah yang penuh hikmat di Masjid Muhammad Cheng Hoo, Brastagi.

Acara yang digelar oleh Pesantren Hidayatullah Alpurbanta dan didukung oleh BMH ini dirancang untuk memperkuat kesadaran diri para peserta dalam memahami peran mereka sebagai anak dan orang tua.

Di tengah suasana dingin khas dataran tinggi Brastagi yang berada di ketinggian 1.300 mdpl, para peserta tetap bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan yang diadakan pada malam hari.

Ustaz Syukron Nasution dari Pos Dai Sumatera Utara membimbing muhasabah tersebut, dengan menyampaikan materi tentang pentingnya iman dan akhlak dalam kehidupan sehari-hari.

Ia mengajak para santri dan orang tua untuk merenungkan peran masing-masing, serta betapa pentingnya memahami tanggung jawab dalam membangun akhlak yang baik.

Bang Malidin JB, salah satu pengasuh yang mendampingi para peserta, menjelaskan bahwa acara ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara santri, orang tua, dan pihak pesantren.

“Harapan kami adalah kegiatan ini memberikan kesan mendalam, terutama melalui pelaksanaan sholat tahajjud bersama, sehingga membangun semangat untuk menjadi anak yang saleh dan salehah” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut juga menjadi ajang untuk memperkuat kebersamaan antara guru, pengasuh, dan pengurus pesantren.

Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, acara ini juga diakhiri dengan penggalangan donasi untuk Masjidil Aqsha dan Gaza Palestina.

Di tengah udara dingin, para peserta dengan penuh semangat menunjukkan solidaritas mereka untuk saudara-saudara di Gaza yang tengah menghadapi ujian berat dalam krisis kemanusiaan.

“Donasi yang terkumpul akan kami serahkan melalui BMH Sumatera Utara,” ujar Bang Malidin mengakhiri penjelasannya.

Kegiatan yang penuh makna ini terselenggara atas dukungan dari Laznas BMH Pos Dai Sumut, BKM Muhammad Cheng Hoo, dan Pesantren Hidayatullah Alpurbanta, yang bersama-sama berkomitmen untuk menginspirasi para santri dan orang tua untuk terus membangun karakter Islami dalam keluarga dan komunitas.*bams

× Image