Home > Filantropi

BAZNAS Raih Penghargaan Best Halal Financial Support di IHYA 2024

BAZNAS kembali meraih penghargaan Best Halal Financial Support sub kategori Islamic Financial Institution dalam ajang Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2024 Kemenperin RI.
Dok. Baznas RI
Dok. Baznas RI

TOPNEWS62.COM, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kembali meraih penghargaan Best Halal Financial Support dalam kategori Islamic Financial Institution di ajang Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian RI.

"Alhamdulillah, kami kembali mendapat penghargaan dari Kementerian Perindustrian dalam IHYA Awards 2024. Kali ini, BAZNAS diakui sebagai lembaga keuangan halal terbaik atas kontribusinya dalam mendukung Indonesia sebagai pusat halal dunia," ujar Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH Noor Achmad MA., dalam keterangan tertulis, Jumat (4/10/2024).

Kiai Noor menjelaskan bahwa BAZNAS telah menjalankan berbagai program yang mendukung industri halal. Di antaranya adalah program kurasi dan sertifikasi halal untuk UMK binaan BAZNAS, pembentukan ekosistem pasar halal, serta kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mempercepat proses sertifikasi halal.

Penghargaan ini sebelumnya diterima oleh Kepala LPEM BAZNAS RI, Deden Kuswanda, di acara penyerahan penghargaan yang berlangsung di BSD Grand Boulevard, Kabupaten Tangerang, Banten, pada Jumat (27/9/2024).

Kiai Noor juga menegaskan pentingnya sertifikasi halal dalam membangun budaya halal, terutama di sektor usaha mikro. "BAZNAS telah membantu lebih dari 1.000 mustahik UMKM kategori self-declare untuk mendapatkan sertifikasi halal sejak 2020," jelasnya.

Selain itu, BAZNAS juga mempercepat sertifikasi halal dengan melatih pendamping program menjadi pendamping produk halal. "Kami berterima kasih atas kerja keras semua pihak di BAZNAS, serta dukungan para muzaki dan mustahik," tutup Kiai Noor.

IHYA adalah ajang penghargaan yang digagas oleh Kementerian Perindustrian untuk menghargai kontribusi berbagai pihak dalam pengembangan industri halal nasional. Pertama kali diadakan pada 2021, IHYA memberikan penghargaan dalam berbagai kategori yang mendukung inovasi dan pemberdayaan industri halal.

× Image