Home > Nasional

Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan Majelis Pembinaan Kesehatan Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Gerakan Muhammadiyah di bidang Kesehatan Masyarakat menemukan momentum yang tepat dengan diawalinya Pertemuan Nasional serta Gerakan Nasional Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan (ABSB)

TOPNEWS62.COM, JAKARTA -- Gerakan Muhammadiyah di bidang Kesehatan Masyarakat menemukan momentum yang tepat dengan diawalinya Pertemuan Nasional serta Gerakan Nasional Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan (ABSB). Pertemuan Nasional dilaksanakan di Mercure Hotel Cilandak pada tanggal 19-21 September 2024, sedangkan pada tanggal 20 September 2024 digelar acara Gerakan Nasional (Gernas) ABSB di SMP Labschool Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Gernas ABSB yang dimeriahkan pula oleh 200 siswa/i SMP tersebut dan juga dari SMP Islam Ruhama mengikuti secara aktif rangkaian kegiatan Senam Bugar Muhammadiyah, Sarapan Gizi Seimbang Halalan Thayyiban, dan Konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) (khusus remaja/siswi puteri). Dari ruang zoom juga hadir sekolah, madrasah, dan pesantren yang merupakan lokus kegiatan tahun 2023 dan 2024.

Kedua kegiatan di atas adalah wujud sinergitas Upaya Pembangunan Kesehatan Nasional yang dihadiri oleh Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, ibu dr. Endang Maria Sumiwi, MPH, yang mewakili Menkes RI, dan didampingi oleh Direktur Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan dr. Elvieda Sariwati, M.Epid. Ibu Dirjen menyampaikan pentingnya penguatan status Kesehatan remaja Indonesia yang lebih fit dan bugar pada saat ini dan masa datang melalui aksi olahraga. Senam kebugaran ini harus dijadikan trend yang disukai oleh generasi muda sekaligus edukasi berkelanjutan untuk perubahan perilaku kesehatan yang lebih baik. Hadir juga Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Kesehatan dr. Agus Taufiqurrohman, Sp.S., M.Kes, serta Ketua MPKU PP Muhammadiyah Dr. Agus Samsudin, drs., MM, Ketua Majlis Dikdasmen dan PNF PP Muhammadiyah yang diwakili oleh H. R. Alpha Ammirachman, M.Phil., Ph.D, serta Ketua Lembaga Pengembangan Pesantren PP Muhammadiyah KH. Dr. Masykuri M.Ed, beserta beberapa ketua Pimpinan Wilayah MPKU, Majlis Dikdasmen dan PNF serta LP2 PW Muhammadiyah, dan Pimpinan PT Muhammadiyah Bidang Kesehatan Masyarakat di 6 lokasi sasaran kegiatan ABSB tahun 2024.

Adapun dari unsur pemerintah hadir yaitu perwakilan Dinas Kesehatan provinsi Kalimantan Barat Ayuk Sulistiyarini, perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur Fitnawati, Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan Ahmad Ismail, perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Ardiansyah Arif, perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara Riskal Muslim, Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Tanggerang Selatan dr. Allin Hendalin Mahdaniar, MKM, dan Kepala Puskesmas Ciputat Timur dr. Muhamad Rusmin.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. K.H. Haedar Nashir, M.Si menyampaikan amanat secara luring (videotron).

Paradigma Kesehatan Masyarakat penting sekali diterapkan di semua bidang dan demikian pula keberlanjutan program Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan yang merupakan amanah Surat Edaran Lintas Majlis, Majelis Pembinaan Kesehatan Umum Nomor ; 126/I.6/D/2024, Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Nonformal Nomor ; 40/I.4/F/2024, Lembaga Pengembangan Pesantren ; 009/I.14/H/2024 PP Muhammadiyah Tentang ABSB untuk remaja sekolah/madrasah/pesantren Muhammadiyah sebagai upaya membentuk Generasi Muhammadiyah (GenMu) Sehat Berkemajuan. Diharapkan juga akan dihasilkan kader kesehatan di setiap ranting yang diawali dengan rangkaian 5 kegiatan ABSB (Screening Anemia, senam bugar Muhammadiyah, sarapan, minum Tablet Tambah Darah, dan Edukasi Kesehatan) khususnya terkait dengan upaya penurunan prevalensi kejadian anemia dan pencegahan stunting.

× Image