Home > Nasional

Bantuan Darurat BNPB pada Penanganan Banjir Sanggau

Hujan deras menyebabkan sejumlah lokasi di Kabupaten Sanggau terendam banjir
Dok. BNPB
Dok. BNPB

TOPNEWS.COM, JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan darurat kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat, yang terdampak bencana banjir. Serah terima dukungan darurat ini berlangsung di Kantor Gubernur, dirilis dari Pusdatin KK BNPB pada Kamis lalu (12/9) .

Tenaga Ahli BNPB Mayjen (Purn) Denny Herman menyerahan secara simbolis bantuan darurat ini kepada Pj Bupati Sanggau Suheman. Bantuan tersebut diperuntukkan untuk menangani bencana banjir. Bantuan yang diberikan berupa barang pangan dan non-pangan, termasuk satu unit mobil dapur umum. Saat penyerahan bantuan, hadir Forkompimda dan Komisi IV DPRD Kabupaten Sanggau, serta organisasi perangkat daerah terkait.

Pada kesempatan itu, Denny Herman mengatakan, kehadiran tim BNPB untuk mewakili Kepala BNPB serta meninjau langsung lokasi terdampak serta memberikan dukungan penanganan bencana yang terjadi di Sanggau.

“Untuk memastikan penanganan dari bencana di Kabupaten Sanggau di Provinsi Kalimantan Barat yang diakibatkan curah hujan tinggi, maka terjadi lonsor dan banjir,” ucap Denny.

Bantuan darurat yang diberikan, antara lain pangan yang berupa paket sembako dan makanan siap saji. Sedangkan bantuan non-pangan, BNPB memberikan barang berupa matras, selimut, kasur lipat, velbed, tenda pengungsi, tenda keluarga, pompa alkon, pompa apung, penjernih air portabel, genset, light tower, perahu karet dan toolkit darurat.

Pemberian bantuan darurat ini dilakukan setelah Pemerintah Kabupaten Sanggau menetapkan status keadaan darurat bencana banjir. Beberapa hari lalu, tepatnya Minggu malam (8/9), hujan deras menyebabkan sejumlah lokasi di Kabupaten Sanggau terendam banjir.

× Image