Home > Wisata

Menparekraf Sandiaga Uno Jelajahi Wisata Pantai dan Olahraga Tradisional di Desa Wisata Nipah Nipah,

mengunjungi Desa Wisata Nipah Nipah di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.
Dok. Kemenparekraf
Dok. Kemenparekraf

TOPNEWS62.COM, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengunjungi Desa Wisata Nipah Nipah di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Kunjungan ini dilakukan pada Senin (12/8/2024) ke salah satu dari 50 desa wisata terbaik yang terpilih dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Saat berada di desa yang terkenal dengan keindahan pantai dan lautnya ini, Sandiaga tak melewatkan kesempatan untuk berbaur dengan masyarakat setempat dan anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Ia mencoba beberapa olahraga pantai unik, termasuk bowling dengan menggunakan buah kelapa dan ranting kayu serta woodball. Sandiaga mengaku kagum dengan kesederhanaan namun keseruan olahraga tradisional ini. "Ini baru pertama kali saya melihat bowling dengan pin dari kayu. Sederhana tapi sangat menghibur, dan ini layak untuk kita kembangkan," ujarnya.

Dok. Kemenparekraf
Dok. Kemenparekraf

Desa Wisata Nipah Nipah dapat dijangkau dari Kota Balikpapan dalam waktu sekitar 1,5 jam melalui jalur darat dan laut. Potensi wisata desa ini sangat penting, mengingat posisinya yang strategis sebagai salah satu destinasi pendukung di sekitar kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Pemerintah berkomitmen untuk memberikan pendampingan dan mempersiapkan infrastruktur yang diperlukan untuk mengembangkan potensi pariwisata desa ini.

Sandiaga menegaskan komitmennya untuk mendukung penuh pengembangan pariwisata yang berkelanjutan di sekitar IKN, dengan fokus pada kelestarian alam, lingkungan, dan budaya. Dalam kunjungan ini, Menparekraf Sandiaga didampingi oleh Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf/Baparekraf, Bambang Cahyo Murdoko.

× Image