Home > Travel dan Haji

Keberhasilan Haji 2024 Tingkatkan Diplomasi Indonesia dan Arab Saudi

Kontribusi positif jemaah haji Indonesia dalam Haji 2024,
Dok. Kemenag
Dok. Kemenag

TOPNEWS62.COM, Jeddah – Konsul Jenderal Republik Indonesia di Jeddah, Yusron Ambary, menyoroti kontribusi positif jemaah haji Indonesia dalam Haji 2024, yang telah memperkuat hubungan diplomatik antara Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi.

Dalam sebuah acara di Kantor Konsulat Jenderal RI di Jeddah, Yusron Ambary mengucapkan selamat kepada para jemaah haji Indonesia. "Selamat kepada jemaah haji Indonesia. Semoga Bapak Haji dan Ibu Hajah mendapatkan haji yang mabrur. Kami berterima kasih atas sikap tertib dan baik yang telah ditunjukkan oleh seluruh jemaah haji Indonesia, sehingga nama Indonesia harum di mata dunia," kata Yusron Ambary pada Kamis (25/7/2024).

Menurut Yusron, kesuksesan Haji 2024 tidak lepas dari peran jemaah haji Indonesia yang telah membantu memperkuat hubungan diplomatik antara Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi. "Dukungan jemaah haji Indonesia sangat berarti dalam mempererat hubungan kedua negara," lanjutnya.

Yusron menjelaskan bahwa jemaah haji Indonesia terkenal di seluruh Arab Saudi karena kepribadian mereka yang santun dan teratur selama musim haji dan umrah. Perilaku jemaah haji Indonesia ini telah meningkatkan citra positif Indonesia di mata internasional dan Kerajaan Arab Saudi.

"Jemaah haji Indonesia dalam musim haji 1445H/2024M telah mendapatkan predikat haji mabrur berkat sikap mereka yang baik," ungkap Yusron.

Yusron juga memberikan apresiasi kepada para petugas haji yang telah bekerja keras selama hampir tiga bulan untuk melayani tamu Allah. "Dedikasi para petugas haji adalah amal jariyah dari Allah," ujarnya.

Fase akhir pemulangan jemaah haji Indonesia dari Tanah Suci ditandai dengan kepulangan 316 jemaah haji kelompok terbang (kloter) 30 dari embarkasi Kertajati (KJT-30) dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) di Madinah, Arab Saudi, menuju Bandara Kertajati di Jawa Barat, Indonesia, pada Senin 22 Juli 2024.

Proses pemulangan kloter terakhir ini dilepas langsung oleh Konjen RI Yusron B. Ambary, Ketua PPIH Arab Saudi Nasrullah Jasam, dan Kepala Daker Bandara Abdillah, beserta pejabat lainnya yang berada di Arab Saudi. Jemaah haji Kloter KJT-30 dilepas di Paviliun 2 Bandara AMMA Madinah, disaksikan oleh seluruh Petugas Haji Daker Bandara.

Keberhasilan Haji 2024 ini tidak hanya menunjukkan kemampuan organisasi dan pelayanan Indonesia, tetapi juga memperkuat hubungan diplomatik yang lebih erat dan harmonis dengan Kerajaan Arab Saudi.

× Image