Home > Filantropi

Sambut Tahun Baru Hijriyah 1446 H Alumni PPMS Ulil Albaab Bogor Gelar Reuni Akbar

Momentum pergantian Tahun Baru Hijriyah 1446 H diperingati oleh alumni PPMS Ulil Albaab dengan menggelar acara Tausyiah dan Doa yang dirangkai dalam bentuk Silaturahmi dan Reuni Akbar
Dok. TOPNEWS62.COM
Dok. TOPNEWS62.COM

TOPNEWS62.COM, BOGOR--Pondok Pesantren Mahasiswa dan Sarjana (PPMS) Ulil Albaab Bogor, memeriahkan pergantian Tahun Baru Hijriyah 1446 H dengan menggelar Reuni Akbar. Momentum peringatan pergantian tahun yang berlangsung sepanjang Sabtu hingga Ahad, 6-7 Juli 2024 ini, dilaksanakan di Masjid Universitas Ibnu Khaldun 9UIKA) Bogor. Jawa Barat.

Acara ini dihadiri sekira serratus alumni dari berbagai Angkatan, para pengajar dan tamu undangan. Dengan tujuan utama mempererat tali silaturahmi dan mengenang Kembali masa-masa indah di pesantren.

Acara ini didukung oleh Kalam TV sebagai media partner, yang menyiarkan langsung seluruh rangkaian acara melalui saluran You Tube mereka, sehingga alumni yang tidak dapat hadir secara fisik tetap bisa mengikuti dan merasakan hikmatnya acara ini. Beritaunggulan.com juga hadir sebagai media partner acara tersebut.

Reuni Akbar ini mengusung tema “Sinergi untuk Negeri” yang bertujuan untuk memperkuat hubungan antar alumni serta mengukuhkan Kembali ikatan emosional dengan almamater. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diisi dengan berbagai acara yang diawali dengan Pembacaan ayat suci Alquran oleh santri dan sambutan ketua alumni Hendri Tanjung PhD.

Dalam sambutannya Ustadz Hendri menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antar alumni. “Reuni ini bukan sekedar ajang nostalgia, tetapi juga sebagai platform untuk membangun sinergi yang kuat demi kemajuan negeri. Mari kita manfaatkan jaringan alumni untuk berkontribusi lebih besar bagi masyarakat,” ujarnya.

Sambutan berikutnya disampaikan pimpinan PPMS Ulil Albaab, Dr Ahmad Alim. Dalam pidatonya, Dr Ahmad Alim menggarisbawahi peran penting alumni dalam mendukung perkembangan pesantren dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. “Kami berharap reuni ini menjadi momentum untuk memperkuat tali persaudaraan dan kerja sama yanglebih erat antar alumni,” katanya.

Acara inti dari Reuni Akbar ini adalah Tausyiah dan Nasehat dari Prof Dr KH Didin Hafidhuddin MS. Dalam tausyiahnya beliau mengingatkan pentingnya menjaga nilai-nilai keislaman dan terus belajar menimba ilmu, haus akan ilmu dan berkhidmat kepada umat melalui pembinaan masjid. “Hati ini harus senantiasa tertaut dengan masjid, terus raih ilmu setinggi mungkin, kuasai ilmu agama dan ilmu-ilmu lainnya, intinya umat Islam harus kuat dalam beribadah dan kuat dalam bidang ekonomi. Karena 9 dari 10 sahabat yang masuk surga tanpa hisab adalah pengusaha. Maka jadilah ahli ibadah yang juga mumpuni secara ekonomi,” tuturnya.

Sebagai penutup, Ustadz Dr Oking Setia Priyatna Mag, memimpin doa yang penuh khidmat, beliau memohon kepada Allah SWT agar Tahun Baru Hijriyah ini KH Didin Hafidhduddin senantiasa diberikan umur yang Panjang dan sealu sehat wal afiat. “Kita masih sangat membutuhkan bimbingan kyai Didin dalam mengarungi perjalanan bangsa dan umat ini. Ustadz Oking juga mendoakan agar seluruh alumni selalu di beri Kesehatan dan kelancaran dalam segala urusannya. Semoga semua alumni PPMS Ulil Albaab selalu dalam keadaan sehat walafiat dan segala urusannya dimudah oleh Allah SWT,” pungkasnya.

Setelah penutupan, masih ada beberapa rangkaian acara Menyambut Tahun Baru Hijriyah dan Reuni Akbar PPMS Ulil Albaab ini, diantaranya: Qiyamulail dan Muhasabah pada seperiga malam. Yang dilanjutkan dengan sholat Shubuh berjamaah dan kajian tafsir Ahad pagi bersama kyai Didin. Tentu tidak lengkap jika reuni ini tidak melakukan napak tilas kamar-kamar yang pernah dulu ditempati, tempat dulu taklim dan mengaji, juga diskusi dan bercengkrama semasa nyantri di pondok ini.

× Image