Home > Travel dan Haji

Tangis Haru Sambut Kedatangan Jemaah Haji SOC 01 di Bandara Adi Soemarmo Solo

Suasana haru, bahagia, dan penuh sukacita mewarnai kedatangan jemaah haji kloter 01 Embarkasi Solo
Dok.kemenag
Dok.kemenag

TOPNEWS62.COM, Boyolali - Suasana haru, bahagia, dan penuh sukacita mewarnai kedatangan jemaah haji kloter 01 Embarkasi Solo (SOC-01) di Bandara Adi Soemarmo Solo pada Minggu (23/6/2024) sekitar pukul 02.00 WIB. Setibanya di bandara, beberapa jemaah haji langsung sujud syukur, mengungkapkan rasa terima kasih mereka setelah menyelesaikan perjalanan suci.

Selama 41 hari, para jemaah ini terpisah dari keluarga untuk menunaikan ibadah haji, rukun Islam kelima, yang menjadi impian setiap umat Muslim di seluruh dunia. Kini, mereka telah kembali ke tanah air setelah musim haji berakhir.

Keharuan menyelimuti kepulangan mereka, salah satunya dirasakan oleh Widarti Puji Astuti (43) dari Kabupaten Temanggung. Widarti merasa sangat bersyukur bisa menunaikan ibadah haji pada tahun 1445 H/2024 M. "Rasanya masih tak percaya telah menunaikan haji tahun ini. Waktu pertama kali saya melihat Kabah, saya langsung menangis, tidak menyangka saya ada di hadapan Kabah," cerita Widarti saat diwawancara di Gedung Muzdalifah, Asrama Haji Donohudan, Solo.

Waktu mereka di Haramain memang terbatas dan harus bergantian dengan jemaah lainnya dari seluruh dunia. "Rasanya baru sebentar, tapi sudah harus meninggalkan Haramain," katanya dengan mata berkaca-kaca.

Perasaan haru juga dirasakan oleh pasangan suami istri, Imam Yulianto dan Indra Santi. Bagi mereka, haji pertama kali ini memberikan pengalaman spiritual yang sangat luar biasa, terutama ketika berada di Masjidil Haram di depan Kabah.

Imam mengungkapkan kekagumannya yang mendalam saat melihat Kabah di Makkah Al-Mukaramah. "Ini baru pertama kali saya dan suami haji. Alhamdulillah, ketika pertama kali melihat Kabah rasanya Masya Allah, luar biasa, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Bisa salat di depan Kabah dan di saf terdepan adalah pengalaman spiritual yang sangat luar biasa," ujarnya.

Imam berharap dapat berziarah ke Haramain lagi bersama istri dan kedua anaknya. "Kali ini saya haji bersama istri, semoga bisa kembali ke sana bersama anak-anak kami," harapnya dengan penuh antusias.

Selamat datang di tanah air para tamu Allah. Semoga menjadi haji yang mabrur dan membawa kebaikan bagi masyarakat.

× Image