Home > Travel dan Haji

Sebulan Operasional Haji, Jemaah Indonesia Nikmati 11,8 Juta Boks Katering

layanan katering untuk jemaah haji reguler berjalan dengan lancar
Dok.kemenag
Dok.kemenag

TOPNEWS62.COM, Makkah - Penyelenggaraan ibadah haji di Arab Saudi telah berlangsung lebih dari satu bulan. Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mencatat bahwa lebih dari 11 juta boks katering telah disajikan kepada jemaah haji reguler asal Indonesia.

Jemaah haji reguler asal Indonesia mulai tiba di Madinah pada 12 Mei 2024, dengan kelompok terbang (kloter) terakhir tiba di Makkah pada 11 Juni 2024. Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), total 213.275 jemaah telah tiba di Arab Saudi.

"Alhamdulillah, sejak 12 Mei hingga hari ini, layanan katering untuk jemaah haji reguler berjalan dengan lancar. Total ada 11,8 juta boks katering yang telah dinikmati oleh jemaah," jelas Direktur Layanan Haji Luar Negeri, Subhan Cholid, di Makkah, Jumat (14/6/2024).

Subhan menjelaskan bahwa sebanyak 2,2 juta boks katering telah dibagikan kepada jemaah di Madinah, sementara 9,6 juta boks lainnya dibagikan di Makkah sebelum puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

"Jadi, totalnya sudah 11,8 juta boks makanan dengan menu khas Nusantara yang dinikmati oleh jemaah haji Indonesia di Madinah dan Makkah," ujar Subhan.

Hari ini, lanjut Subhan, jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan menuju Arafah dari hotel mereka di Makkah. Prosesi puncak haji, wukuf di Arafah, akan dilaksanakan pada 15 Juni 2024. Setelah itu, jemaah akan bergerak ke Muzdalifah dan Mina.

"Selama di Arafah, Muzdalifah, dan Mina, seluruh jemaah haji Indonesia akan menerima paket makanan sebanyak 15 kali dan satu kali snack berat. Snack berat tersebut akan dibagikan di Arafah untuk dikonsumsi di Muzdalifah," tambah Subhan.

"Semoga proses puncak haji berjalan lancar. Jemaah tetap sehat dan dapat menjalankan ibadah dengan baik," harapnya.

× Image