Home > Travel dan Haji

Fasilitas Ramah Lansia dan Disabilitas Disambut Hangat oleh Jemaah Haji

petugas menawarkan fasilitas golf car, yang khusus disediakan untuk jemaah lansia dan penyandang disabilitas
Dok.kemenag
Dok.kemenag

TOPNEWS62.COM, Jeddah - Kaharudin (61) keluar dari gate King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah dengan langkah tertatih. Kakinya yang panjang sebelah akibat kecelakaan puluhan tahun lalu menyebabkan pergerakannya sedikit berbeda dari jemaah lainnya, mengharuskan dia untuk berjalan lebih lambat.

Kaharudin merasakan kegembiraan yang luar biasa ketika seorang petugas menawarkan fasilitas golf car, yang khusus disediakan untuk jemaah lansia dan penyandang disabilitas. Golf car ini standby di bandara untuk memastikan kenyamanan dan kemudahan mobilitas bagi jemaah yang membutuhkan.

"Alhamdulillah, saya sangat senang. Kalau tidak diajak oleh petugas tadi, saya tidak tahu kalau ada fasilitas prioritas seperti ini," ujarnya kepada petugas haji yang menyambutnya di gate kedatangan Bandara Jeddah, Minggu (2/6/2024).

Kaharudin dan istrinya, Sukifah, terlihat sangat bahagia. Matanya berkaca-kaca saat menceritakan kebahagiaannya bisa beribadah bersama istri tercinta. Sukifah, dengan penuh haru, mengabadikan momen tersebut menggunakan kamera ponsel, saat pertama kali mereka menginjakkan kaki di tanah suci.

"Awalnya saya tidak tahu kalau ada layanan ramah lansia seperti ini, dan sekarang saya bisa merasakannya sendiri," tambah Kaharudin sebelum petugas Wukala mengarahkan golf car menuju paviliun tempat jemaah berkumpul.

Setelah memastikan kondisi ihram yang sempurna, jemaah haji asal Bandung yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 21 Embarkasi Kertajati (KJT-21) mulai menaiki bus menuju Makkah. Kaharudin dan istrinya kembali merasakan manfaat fasilitas golf car yang memang disediakan untuk lansia dan penyandang disabilitas.

"Terima kasih kepada para petugas. Semoga mereka selalu sehat dan dilancarkan dalam menjalankan tugasnya," ucapnya dengan penuh syukur kepada petugas yang mengantarnya.

Fasilitas ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Agama untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh jemaah haji, khususnya yang memiliki kebutuhan khusus, sehingga mereka dapat melaksanakan ibadah haji dengan lebih nyaman dan khusyuk.

× Image