Home > Wisata

Destinasi Wisata Patung Buddha Tidur di Bali Yang Mempesona

Bali, yang dikenal sebagai Pulau Dewata, memiliki beragam destinasi wisata yang tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi juga kekayaan budaya dan spiritualitas. Salah satu objek wisata menarik perhatian Patung Buddha Tidur di Vihara Dharma Giri

TOPNEWS62.COM,Tabanan Bali, Sabtu (25/05/2024) Bali, yang dikenal sebagai Pulau Dewata, memiliki beragam destinasi wisata yang tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi juga kekayaan budaya dan spiritualitas. Salah satu objek wisata yang menarik perhatian adalah Patung Buddha Tidur di Vihara Dharma Giri, Tabanan. Tempat ini menjadi tujuan wisata rohani sekaligus objek wisata yang menenangkan hati.

Keberadaan Vihara Dharma Giri yang merupakan tempat Ibadah bagi umat Budha menjadi menarik karena keberadaan Patung Buddha Tidur raksasa, berlokasi di Jalan Raya Pupuan, Kec Pupuan Kabupaten Tabanan Bali, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun manca negara .

Menurut keterangan Pengelola Yayasan Romo Kajang ditemui di sela sela menpersiapkan parayaan Hari Suci Waisak ke 2568 yang akan dilaksanakan malam ini ,Romo menjelaskan Vihara ini dibangun 2 Nopember 1997, Vihara yang dibuat untuk kegiatan beribadah ,tapi keberadaan Patung Buddha Tidur memiliki panjang sekitar kurang lebih 10 meter dan tinggi 3 meter ,menjadi dayak tarik sendiri dengan berlatar belakang gunung serta lingkungan alamnya yang sangat indah.

Ditambahkan Romo setiap hari ada saja tamu yang berkunjung ke sini ,dan tamu tamunya hampir dari seluruh dunia terlebih tempat ini juga dijadikan center meditasi untuk semua orang, beberapa tamu dari negara Eropa mereka ke sini untuk bermeditasi. Dari kebanyakan tamu domestik yang datang tamu dari Jakarta yang paling banyak dan beberapa daerah lainnya di Indonesia, Tempat ini menjadi terkenal karena oleh Pemerintah tempat ini termasuk Objek Wisata Spiritual karena keberadaan patung buddha sebagai salah satu icon wisata relegi imbuhnya

 

Keterangan petugas yang berjaga di vihara mengatakan awalnya memang tidak dikenakan tiket ,pengunjung hanya mengisi buku tamu dan memberikan donasi secara sukarela. Seiring berjalan waktu dan ramainya pengunjung setiap tamu memasuki area Vihara dikenakan tiket masuk Rp10.000/ perorang mengunjungi Vihara diwajibkan menggunakan pakaian yg sopan dan dilarang menggunakan celana pendek,kalaupun saat berkunjung menggunakan celana pendek petugas akan menyiapkan kamen untuk dikenakan saat memasuki Vihara, Patung Buddha Tidur ini merupakan patung terbesar dan satu satunya di Bali, Patung Buddha tidur berlatar belakang alam yang asri dan gunung menambah keindahan dan kemegahan Patung Buddha tersebut.

Saat memasuki area Patung Buddha para pengunjung tidak diperbolehkan menggunakan alas kaki. Di dukung tempat yang tenang dan sepi, selain adanya patung dan vihara untuk melakukan persembahyangan umat Buddha,tempat ini digunakanan sebagai tempat kegiatan meditasi, jadwal meditasi dilaksanakan 4 kali dalam setahun, setiap satu kali meditasi maksimal 40 orang, karena tempatnya terbatas biasanya para pengunjung yg ingin bermeditasi di tempat kami terlebih dahulu mereka melihat jadwal yg telah ada di web kami tutur Romo.

× Image