Home > Travel dan Haji

Kemenag Sidak Katering Jemaah Haji di Madinah: Pastikan Proses Memasak Sesuai Standar

Proses memasak konsumsi jemaah haji sesuai dengan kesepakatan dalam kontrak kerja sama
Dok.Haji.kemenag.go.id
Dok.Haji.kemenag.go.id

TOPNEWS62.COM, Madinah - Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah, Ali Machzumi, melakukan inspeksi mendadak ke dua lokasi katering yang menyajikan makanan untuk jemaah haji Indonesia di Madinah. Inspeksi dimulai di katering Baharhar pada pukul 23.00 waktu setempat, kemudian dilanjutkan ke katering Meez Marry hingga dini hari pada Selasa (21/5/2024).

Ali menjelaskan bahwa inspeksi ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh proses memasak konsumsi jemaah haji sesuai dengan kesepakatan dalam kontrak kerja sama. "Kami dari Daker Madinah melakukan inspeksi langsung ke dapur Baharhar untuk memastikan bahwa proses memasak konsumsi jemaah haji berjalan sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati dalam kontrak," kata Ali di lokasi Baharhar, Madinah.

Setibanya di lokasi katering, Ali dan timnya memeriksa dapur, stok bahan baku, proses memasak, hingga pengemasan makanan. "Kami memastikan setiap tahap dari bahan baku hingga pengemasan makanan sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati antara dapur dan pemerintah Indonesia," jelas Ali.

Selain memeriksa, Ali dan timnya juga mencicipi semua menu yang disajikan untuk memastikan citarasa Nusantara terpenuhi. "Kami mencicipi semua menu, dan rasanya sudah sesuai dengan citarasa Nusantara, baik untuk menu reguler maupun menu khusus lansia," kata Ali. "Menunya enak, ayam dan kentangnya sesuai dengan selera, dan insya Allah jemaah kita akan cocok dengan layanan konsumsi di dapur ini," tambahnya.

Ali juga menginformasikan bahwa dapur tersebut mampu memproduksi 4.000 porsi makanan per sekali produksi, baik untuk jemaah yang baru tiba di Madinah maupun yang tinggal di hotel. "Dari dapur ini, semua sudah memadai sesuai dengan kontrak," ungkap Ali.

Sebagai tambahan informasi, dalam sidak tersebut Ali didampingi oleh Kepala Seksi Konsumsi, Muhammad Musta’in, dan Kepala Seksi Media Center Haji (MCH) Syamsudin.

× Image