Home > Wisata

Berebut Tangkap Ikan, Tradisi Ngubek Empang Setu Cilodong Kearifan Budaya Lokal

Tradisi Ngubek Empang untuk memeriahkan acara Lebaran Depok yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) bersama Kumpulan Orang-Orang Depok
Dok.Depok.go.id
Dok.Depok.go.id

TOPNEWS62.COM-Depok (17/05/ 2024) Ribuan warga antusias tumpah ruah mengikuti tradisi Ngubek Empang untuk memeriahkan acara Lebaran Depok yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) bersama Kumpulan Orang-Orang Depok (KOOD) Berbudaya di Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Kamis (16/05/24).

Tradisi Ngubek Empang dalam rangkaian acara Lebaran Depok diikuti ribuan warga dari berbagai wilayah di Kota Depok. Ada yang sudah datang sejak pagi, sampai pulang membawa hadiah dan ikan.

Warga RT 03 RW 03 Kelurahan Cilodong, Parmin mengaku, sengaja datang sejak pagi untuk mengikuti acara Ngubek Empang yang diadakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot Depok) dan Kumpulan orang-orang depok (KOOD) di Kecamatan Cilodong, Kamis (16/05/24).

"Seru sih ya, tadi ikut turun dan dapat satu Ikan Tawes," ujarnya, di lokasi tersebut.

Meski cuaca di lokasi sangat panas, namun ribuan warga tetap merasakan keseruan terjun ke kolam tanah menangkap ikan dengan tangan kosong atau tanpa alat pancing. "Tahun depan kalau ada lagi ikut Ngubek Empang saya mau ikutan lagi," ucap Parmin.

Di tempat yang sama, Warga RT 01 RW 04 Kelurahan Beji, Dayat berhasil mendapatkan doorprize panci goreng dari panitia usai dirinya menangkap satu ikan mas berukuran besar di empang tersebut.

"Saya senang karena kegiatan ini mengingatkan saya sewaktu kecil dulu sering nangkep ikan di empang, jadi nostalgia," tuturnya.

Dirinya berharap, tradisi Ngubek Empang dapat dilakukan setiap tahun agar semakin banyak warga Depok yang mengenal budaya para orangtuanya dulu.

"Sekarang empang dijadiin tempat mancing, sudah jarang orang nangkep ikan pakai tangan kosong kayak begini," pungkasnya. Sebanyak 6 kwintal ikan yang ditebar diperebutkan warga pada acara Ngubek Empang tersebut.

× Image