Home > Travel dan Haji

Asrama Haji Embarkasi Lombok Siapkan Layanan Satu Atap Pemberangkatan Haji 2024

Persiapan One Stop Service untuk Pemberangkatan Haji 2024 dari Embarkasi Lombok
Dok.haji.kemenag
Dok.haji.kemenag

TOPNEWS62.COM – Lombok, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah mengadakan rapat persiapan untuk pemberangkatan Haji Embarkasi Lombok tahun 1445H/2024M.

Rapat tersebut, yang diselenggarakan di Aula Bir Ali II Asrama Haji Embarkasi Lombok, dipimpin oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag NTB, H. Fathurrahman, dan dihadiri oleh berbagai mitra kerja Kemenag yang terlibat dalam penyelenggaraan ibadah haji 2024, serta Kasi PHU Kemenag se Provinsi NTB.

Fathurrahman, Kabag TU Kanwil NTB, menjelaskan bahwa salah satu tujuan rapat ini adalah untuk mengumpulkan masukan dari berbagai pihak terkait agar pelaksanaan ibadah haji di Asrama Haji Embarkasi Lombok berjalan lancar.

Menurutnya, sesuai rencana perjalanan haji 2024, Calon Jemaah Haji (CJH) dijadwalkan untuk tiba di asrama haji embarkasi Lombok pada tanggal 11 Mei 2024. "Kami berencana menerapkan konsep One Stop Service bagi jemaah haji," ungkap Fathurrahman pada Selasa (7/5/2024).

Dia menjelaskan bahwa sesuai dengan petunjuk dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU), begitu CJH tiba di asrama haji, mereka akan langsung diberikan Paspor dan Boarding Pass.

Tim Imigrasi Mataram juga menegaskan kesiapan mereka untuk mengawal jamaah dari saat keberangkatan hingga naik pesawat untuk memastikan keamanan paspor sesuai dengan identitas jamaah.

Sementara itu, Tim KKP Mataram, yang dipimpin oleh Dr. Feri Wardana, menyatakan dukungannya terhadap sistem One Stop Service untuk pemeriksaan kesehatan. "Kami sudah siap untuk menerapkan One Stop Service seperti tahun sebelumnya. Kami akan memberikan prioritas kepada jamaah yang membutuhkan bantuan, seperti yang menggunakan kursi roda," jelas Dr. Feri Wardana.

Hasil rapat di Asrama Haji Embarkasi Lombok menunjukkan kesiapan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan ibadah haji, termasuk dari segi keamanan yang dijamin oleh Polda NTB melalui Polres Mataram.

Rapat tersebut dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Kepala Biro Kesra Setda Pemprov NTB, Kantor KKP Mataram, Kantor Bea Cukai, Kantor Imigrasi Mataram, Angkasa Pura, TNI, Gapura Angkasa, Airport Security Manager, Dinas Kesehatan, Garuda Airways, UPT Asrama Haji, Plt Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi NTB, serta seluruh panitia yang terlibat dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445H/2024M.

× Image