Home > Filantropi

Capaian ZIS dan Zakat fitrah BAZNAS dan LAZ Se-Jawa Barat Tembus 504 Triliun

BAZNAS Provinsi Jawa Barat mencatat total penghimpunan ZIS (zakat, infak, dan sedekah) dan Zakat Fitrah BAZNAS dan LAZ Se-Jawa Barat mencapai Rp504.661.424.938 pada Ramadan 1445 H dari 7.038.455 Muzaki
Dok. Baznas Provinsi Jawa Barat
Dok. Baznas Provinsi Jawa Barat

TOPNEWS62.COM, BANDUNG--Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Barat mencatat total penghimpunan ZIS (zakat, infak, dan sedekah) dan Zakat Fitrah BAZNAS dan LAZ Se-Jawa Barat mencapai Rp504.661.424.938 pada Ramadan 1445 H dari 7.038.455 Muzaki. Penghimpunan zakat fitrah ini dikumpulkan dari masyarakat Se-Jawa Barat yang menyumbang melalui uang ataupun beras mereka kepada LAZ dan BAZNAS setempat.

Ketua BAZNAS Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Anang Jauharuddin, M.M.Pd menuturkan, BAZNAS Kota dan Kabupaten berhasil memaksimalkan pendapatan zakat fitrah salah satunya melaui penerimaan off balanced sheet melalui masjid yang tersebar di seluruh Kota dan Kabupaten di Jawa Barat. Tercatat, penerimaan off balanced sheet sebesar Rp187.701.284.020 sementara zakat fitrah dengan uang dan dengan beras yang telah dikonversi dengan uang kepada BAZNAS dan LAZ Se-Jawa Barat mencapai Rp186.692.191.162

“Alhamdulillah, masyarakat Jawa Barat sangat antusias berkontribusi dengan menunaikan zakat fitrah baik melalui masjid ataupun melalui layanan BAZNAS dan LAZ Se-Jawa Barat”

Ia melanjutkan, sepanjang ramadhan 1445 H BAZNAS Provinsi Jawa Barat juga mengadakan berbagai kegiatan untuk membahagiakan mustahik dan menetramkan mustahik. Beberapa program pendistribusian yang dilakukan sepanjang ramadhan 1445 H diantaranya, 15.062 paket sembako, 107 paket takjil, 352 paket iftar, 48 paket baju lebaran untuk yatim dhuafa, 51 paket alat ibadah lansia, 70 paket fidyah, buka bersama 450 driver ojok online, 145 paket alquran, dan 1.680 peserta pesantren kilat.

Dok. Baznas Provinsi Jawa Barat
Dok. Baznas Provinsi Jawa Barat

Pendistibusian tersebut dilakukan selama ramadhan 1445 H dan beberapa dikemas dalam berbagai event yang membahagiakan para mustahik serta bekerjasama dengan beberapa komunitas di Bandung. BAZNAS Provinsi Jawa Barat juga telah mendistribusikan zakat fitrah seberat 5 kg untuk masyarakat dhuafa di Jawa Barat sebelum ramadhan berakhir. Hal ini merupakan bukti konkret BAZNAS Provinsi Jawa Barat menjaga amanah para muzaki.

Ketua BAZNAS Provinsi Jawa Barat berharap agar kedermawanan masyarakat Jawa Barat terus berlanjut. Zakat tidak hanya berupa zakat fitrah di bulan ramadhan, namun ada juga kewajiban zakat mal (zakat harta) yang harus ditunaikan apabila telah mencapai haul dan nishab.

“zakat tidak hanya di bulan ramadhan, semoga dengan kehadiran BAZNAS Provinsi Jawa Barat bisa mengedukasi masyarat serta memudahkan para donatur untuk menjalankan kewajiban berzakat. Sementara kami, yang telah diamanahi mengeolala dana zakat, infak, dan sedekah akan terus mengoptimalkan peran agar kesejahteraan masyarakat merata”

× Image