Home > Travel dan Haji

Manasik Aceh Besar untuk Jemaah Menuju Tanah Suci Haji 2024

Pemahaman yang matang sangat penting karena kondisi di Tanah Suci berbeda dengan kondisi di Indonesia
Dok.haji.kemenag.go.id
Dok.haji.kemenag.go.id

TOPNEWS62.COM - Aceh Besar, Menghadapi persiapan menuju Tanah Suci, Kantor Kementerian Agama Aceh Besar tengah menggelar sesi manasik haji bagi 396 jemaah haji yang akan berangkat tahun ini. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 22-23 April 2024 untuk tingkat kabupaten, sementara manasik tingkat kecamatan akan diselenggarakan selama 8 hari.

Kakankemenag Aceh Besar, Saifuddin, menjelaskan bahwa setelah mengikuti manasik haji tingkat kabupaten, para jemaah diharapkan juga mengikuti manasik tingkat kecamatan, selain mempersiapkan diri secara mandiri di rumah. Menurutnya, pemahaman yang matang sangat penting karena kondisi di Tanah Suci berbeda dengan kondisi di Indonesia.

"Kami membuka layanan konsultasi bagi jemaah yang ingin mengajukan pertanyaan terkait haji, sambil merampungkan persiapan terkait pemberangkatan haji pada tahun ini," ujarnya.

Aceh Besar akan mengirimkan 396 jemaah haji dalam kloter 1 dan 6 Embarkasi Aceh, dengan keberangkatan pada tanggal 29 Mei dan 3 Juni 2024. Saifuddin menekankan pentingnya menjaga pola hidup, baik dalam pola makan maupun olahraga, karena ibadah haji membutuhkan kesiapan fisik dan mental yang matang.

"Tetaplah mempersiapkan diri dengan mempelajari buku panduan yang telah diberikan. Persiapan yang matang akan mempermudah pelaksanaan ibadah haji nantinya," tambahnya.

Saifuddin juga meminta para jemaah untuk menjaga etika dan kekompakan saat berada di Tanah Suci, sebagai wakil dari Aceh Besar. Ia juga memohon doa bagi keselamatan mereka yang tinggal di Tanah Air, serta mendoakan kemajuan Aceh Besar.

Asisten I Sekdakab Aceh Besar, Farhan, membuka kegiatan manasik ini yang dihadiri oleh jemaah yang akan berangkat, jemaah cadangan, dan petugas haji kloter yang akan mendampingi mereka.

× Image