Home > Travel dan Haji

Persiapan Jemaah Haji 2024: Kota Padang Panjang Siap Terbang ke Tanah Suci

Kloter perdana jemaah haji Sumbar akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah pada tanggal 12 Mei 2024
Dok.Haji.kemenag.go.id
Dok.Haji.kemenag.go.id

TOPNEWS62.COM - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, bersama Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten/Kota se-Sumbar dan pihak terkait, tengah giat mempersiapkan keberangkatan jemaah haji Kota Padang Panjang yang akan terbang ke tanah suci pada bulan Mei mendatang. Sehari sebelum keberangkatan, jemaah akan diinapkan di Asrama Haji Tabing Padang.

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Mahyudin, menyebutkan bahwa kloter perdana jemaah haji Sumbar akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah pada tanggal 12 Mei 2024. Jumlah total jemaah yang akan berangkat adalah 6.592 orang, dengan 4.806 jemaah berasal dari Sumbar dan 1.702 dari Bengkulu.

Dalam persiapannya, terdapat 17 kloter yang akan diterbangkan, dengan 12 kloter jemaah Sumbar, 4 kloter jemaah Bengkulu, dan 1 kloter jemaah gabungan. Dari kloter-kloter tersebut, 9 kloter akan terbang dalam fase gelombang pertama dengan rute Padang-Madinah, sementara 8 kloter lainnya akan terbang dalam fase gelombang kedua dengan rute Padang-Jeddah. Kota Padang Panjang termasuk dalam fase gelombang kedua dan akan diterbangkan pada tanggal 22 Mei 2024.

Mahyudin menekankan pentingnya pelayanan yang ramah terutama kepada jemaah lansia, dengan tagline pelayanan tahun ini tetap sebagai "haji ramah lansia". Dia juga mengingatkan agar seluruh panitia mempersiapkan SOP di masing-masing seksi untuk memastikan bahwa protap pelayanan kepada jemaah haji berjalan lancar.

Kakankemenag Kota Padang Panjang, H. Alizar Datuak Sindo Nan Tungga, menambahkan bahwa melalui kegiatan bimbingan dan manasik, diharapkan jemaah dapat memahami dengan baik pelaksanaan ibadah haji. Sedangkan Pj. Walikota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, menegaskan komitmen Pemko Padang Panjang dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada tamu Allah.

Tahun ini, 105 jemaah haji Padang Panjang mengikuti bimbingan dan manasik bersama Kakanwil, dengan kehadiran Pj. Walikota, Kepala Kejari, serta dipantau langsung oleh tim bina kelompok bimbingan direktorat bina haji dari pusat. Dalam konteks ini, Kasi PHU Kankemenag Kota Padang Panjang, Editiawarman, menambahkan bahwa setelah dibuka secara resmi oleh Kakanwil, dilanjutkan dengan pemaparan materi sekaligus pemantauan Bimsik Kota Padang Panjang oleh Ketua Tim Bina Kelompok Bimbingan Direktorat Bina Haji, Efrilen Hafizh.

× Image