Home > Filantropi

BAZNAS Bersinergi dengan TNI AU dalam Mengirimkan Bantuan untuk Palestina melalui Udara

Pesawat TNI AU yang membawa bantuan dari masyarakat Indonesia melalui BAZNAS RI berangkat dari Bandara King Abdullah, Yordania.
Dok.baznas.go.id
Dok.baznas.go.id

TOPNEWS62.COM – Jakarta, Dalam kerjasama yang erat antara Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU), bantuan kemanusiaan untuk Palestina berhasil dijunkan dari udara belum lama ini.

Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA., mengungkapkan bahwa pesawat TNI AU yang membawa bantuan dari masyarakat Indonesia melalui BAZNAS RI berangkat dari Bandara King Abdullah, Yordania.

"Ini merupakan momen bersejarah, bantuan untuk Palestina kali ini berhasil disalurkan melalui metode airdrop atau penerjunan parasut dari udara menggunakan pesawat TNI AU," ujar Kiai Noor di Jakarta, Rabu (17/4/2024).

Menurutnya, inilah kali pertama bantuan dikirimkan dengan cara penerjunan barang menggunakan parasut dari pesawat. Kiai Noor berharap bantuan tersebut dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Palestina.

Hingga saat ini, lanjut Kiai Noor, BAZNAS telah menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina senilai Rp43,1 miliar, di mana Rp27,8 miliar di antaranya telah disalurkan melalui Mesir.

"Kami terus berupaya agar bantuan dari masyarakat Indonesia dapat sampai ke Gaza, Palestina. Namun, proses penyaluran bantuan ke Gaza memang tidak mudah," katanya.

Selain menggunakan metode airdrop, BAZNAS juga telah menyalurkan bantuan dari masyarakat Indonesia sebanyak sembilan kali melalui berbagai jenis kontainer.

× Image