Home > Gaya Hidup

Sehat Bersama Sebelum Sah: Pentingnya Check-up Kesehatan Calon Pengantin

Pemeriksaan kesehatan sebelum menikah ini perlu dilakukan untuk mencegah adanya penyakit yang mempengaruhi reproduksi.
Foto: tangerangkota.go.id
Foto: tangerangkota.go.id

TOPNEWS62.COM Buat kalian yang lagi nyiapin pernikahan, jangan cuma venue dan catering aja yang diperhatiin, tapi kesehatan juga penting banget lho sebelum hari H.

dr. Dini Anggraeni dari Dinkes Kota Tangerang mengingatkan bagi pasangan calon pengantin jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan sebelum melangsungkan pernikahan. Hal ini diperlukan untuk mencegah adanya penyakit menular yang dapat terjadi saat berhubungan intim.

"Pemeriksaan kesehatan sebelum menikah ini perlu dilakukan untuk mencegah adanya penyakit yang mempengaruhi reproduksi. Sehingga, apabila kedua calon pengantin sehat, nantinya dapat melahirkan generasi hebat," ucapnya, dikutip dari laman tangerangkota.go.id, Senin (1/4/2024)

Ada beberapa tes kesehatan yang mesti dijalanin oleh calon pengantin, mulai dari cek kesehatan jiwa, narkoba, masalah gizi, penyakit keturunan seperti thalasemia, sampe penyakit yang bisa ditularkan lewat hubungan seksual, diabetes, sampai TBC. Pemeriksaan ini sangat diperlukan bagi calon pasangan pengantin dan berguna mencegah kelahiran anak mengalami keterlambatan tumbuh kembangnya.

“Pemeriksaan kesehatan bagi calon pengantin ini merupakan persyaratan menikah oleh Pengadilan Agama lewat Kantor Urusan Agama (KUA). Sehingga masyarakat dapat memanfaatkan pemeriksaan kesehatan gratis bagi calon pengantin ini dengan mendatangi puskesmas terdekat di Kota Tangerang," terang dr. Dini.

Nah, buat kalian yang mau melakukan pemeriksaan, bisa langsung datang ke 39 puskesmas atau RSUD yang ada di Kota Tangerang. Tinggal bawa KTP atau kartu BPJS Kesehatan kalian.

× Image