Home > Filantropi

Himakom UTA45 Jakarta Bukber Berbagi Santunan Di PA Tiitipan Ilahi Al Bahar

pada Sabtu, 23 Maret 2024 menggelar buka puasa dan berbagi Ramadhan bertema Buka puasa ceria bersama Himakom kegiatan ini diselenggarakan di panti asuhan Titipan Ilahi Al bahar Walang Jakarta Utara dengan dihadiri 74 orang

TOPNEWS62.COM- Jakarta, Senin (25/03/2024) Himpunan mahasiswa ilmu komunikasi atau disingkat Himakom kemaren pada Sabtu, 23 Maret 2024 menggelar buka puasa dan berbagi Ramadhan bertema “Buka puasa ceria bersama Himakom” kegiatan ini diselenggarakan di panti asuhan Titipan Ilahi Al bahar Walang Jakarta Utara dengan dihadiri 74 orang yang terdiri dari mahasiswa dan anak-anak panti asuhan Yayasan Titipan Ilahi Al bahar Jakarta.

Pada bulan Ramadhan ini selalu menjadi momen yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Bulan penuh berkah ini tidak hanya menjadi waktu untuk meningkatkan ibadah, tetapi juga sebagai kesempatan untuk memperbanyak amal kebaikan, termasuk dalam hal berbagi kepada sesama. Salah satu bentuk kebaikan yang sangat dianjurkan dalam Islam adalah memberikan santunan kepada anak yatim dan duafa yang ada di Panti Asuhan. Berbagi rezeki dengan mereka bukan hanya akan memberikan manfaat bagi mereka yang menerimanya, tetapi juga bagi orang yang memberi.

Bapak Rotib sebagai Pengurus Yayasan Titipan Ilahi Al bahar juga menyampaikan dengan menyampaikan banyak terima kasih atas santunan dan makanan berbuka puasa yang diberikan dari Donasi yang digalang oleh mahasiswa dan Panitia penyelenggara khususnya Himakom Universitas 17 Agustus Jakarta.

Fauziah, Kaprodi Ilmu Komunikasi UTA’45 Jakarta menyampaikan, kegiatan buka bersama dengan anak panti asuhan merupakan kegiatan kepedulian sosial dan empati mahasiswa sekaligus sebagai refleksi di bulan suci Ramadhan, bulan penuh berkah. Dengan kegiatan ini dapat meningkatkan Kualitas Ibadah yakni berbagi di bulan Ramadhan dapat meningkatkan kualitas ibadah seseorang. Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik amal adalah yang dilakukan secara rutin meskipun sedikit.” Dengan berbagi secara rutin, seseorang akan merasakan keberkahan dan kebahagiaan dalam beribadah. Kemudian membersihkan Hati dari Sifat Serakah, Berbagi juga membantu membersihkan hati dari sifat serakah dan keinginan berlebihan terhadap harta benda. Dengan memberikan sebagian rezeki kepada yang membutuhkan, seseorang akan merasakan kedamaian dan kepuasan batin yang tidak ternilai harganya, tutur Fauziah.

Menjalin Silaturahmi Berbagi dengan Panti juga dapat menjadi sarana untuk menjalin silaturahmi dengan sesama. Dengan berbagi, hubungan antar sesama akan semakin erat dan saling mendukung dalam kepedulian,tegas Fauziah. Kemudian acara kegiatan santunan ini juga ke panti asuhan diharapkan dapat berlanjut dan bagian roadshow agenda Ramadhan Berbagi Kebaikan.

Daffa sebagai Ketua pelaksana Bukber dan Santunan Himakom UTA’45 Jakarta juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan para donatur yang telah membantu terselenggaranya acara ini. Acara Buka puasa sebagai ajang mempererat tali silaturahmi anggota Himakom, diharapkan dapat menjadi ajang untuk saling berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan.

Pentingnya berbagi dengan Anak Yatim dan Duafa di Panti Asuhan dapat mengurangi kesulitan mereka, Anak yatim dan duafa di Panti Asuhan merupakan golongan yang rentan mengalami kesulitan dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan santunan kepada mereka dapat membantu mengurangi beban dan kesulitan yang mereka hadapi juga mendapatkan Pahala yang Besar, Rasulullah SAW bersabda, “Aku dan orang yang menanggung dan memelihara anak yatim di surga akan seperti ini,” sambil menunjukkan jari telunjuk dan jari tengahnya yang terpisah. Artinya, pahala bagi orang yang memberikan perlindungan dan perhatian kepada anak yatim sangat besar di sisi Allah SWT. Dan menjadi Sumber Keberkahan, Memberikan santunan kepada anak yatim dan duafa juga dapat menjadi sumber keberkahan dalam hidup seseorang. Dengan berbagi kepada mereka, seseorang akan mendapatkan berkah dari Allah SWT yang melimpah ruah, ujar Daffa.

Kegiatan tadarusan anak-anak panti dipandu oleh Haris dengan membaca surat Al-mulk diselangi ngobrol santai dalam makna puasa danpermainan game menambah keceriaan anak anak panti asuhan yang dibimbing olehAngel dan Deaselanjutnya diakhiri baca doa danbuka puasa serta sholatbersama. Acara ditutupdengan pembagian hadiah dan pemberian santunan kepada anak-anak panti dan foto bersama dengan Anak Panti Asuhan dan Panitia sebagai dokumentasi kegiatan Peduli Berbagi Ramadhan 1445 H

× Image