Home > Wisata

Kemenparekraf dan MUI Menandatangani MoU untuk Pengembangan Pariwisata Halal di Indonesia

Pengembangan layanan pariwisata yang ramah bagi wisatawan Muslim, seperti hotel halal, transportasi halal, makanan halal, paket tur halal, dan keuangan halal
Dok.kemenparekraf.go.id
Dok.kemenparekraf.go.id

TOPNEWS62.COM - Kemenparekraf/Baparekraf menjalin kerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) guna mengembangkan pariwisata halal di Indonesia. Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dan Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas, pada Selasa (19/3/2024) di Kantor Pusat MUI, Jakarta.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan bahwa MoU tersebut meliputi berbagai aspek, termasuk pariwisata halal dan wisata religi, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia, serta pertukaran informasi dan kegiatan lainnya. Ia berharap kesepakatan ini akan membawa terobosan lebih lanjut yang sesuai dengan prinsip-prinsip utama dalam pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dok.Kemenparekraf.go.id
Dok.Kemenparekraf.go.id

Kementerian berfokus pada pengembangan layanan pariwisata yang ramah bagi wisatawan Muslim, seperti hotel halal, transportasi halal, makanan halal, paket tur halal, dan keuangan halal. Mereka juga mengembangkan konsep wisata halal dengan tiga tingkatan layanan dasar: need to have, good to have, dan nice to have.

Anwar Abbas, Wakil Ketua Umum MUI, berharap kerja sama ini akan meningkatkan kehidupan pariwisata halal dan ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya bagi pelaku usaha UMKM. Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga adalah Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Martini Mohamad Paham, dan Kepala Biro Umum, Hukum, Pengadaan Kemenparekraf/Baparekraf, Sigit Joko Poernomo. Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia, Amirsyah Tambunan, juga turut hadir dalam acara tersebut.

× Image