Home > Nasional

Pangdam Siliwangi Apresiasi TMMD Kabupaten Serang

TMMD dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan ini dulu bernama ABRI Masuk Desa, tetapi seiring Era Reformasi, berganti menjadi TMMD
dok. Pemkab Serang
dok. Pemkab Serang

Penutupan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun ini telah resmi dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Acara penutupan ini diselenggarakan di Ponpes Modern Shohibul Muslimin, Kecamatan Tunjungteja, Kabupaten Serang Rabu (20/3/2024) dihadiri oleh Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Mohammad Fadjar. “Kita melaksanakan penutupan TMMD ini secara serentak se-Indonesia. Jadi di Kabupaten Serang ini, adalah salah satunya di jajaran Kodam III,” kata Pangdam kepada wartawan.

Program TMMD, yang merupakan evolusi dari program ABRI Masuk Desa era sebelum Reformasi, dilaksanakan dengan tujuan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat melalui berbagai kegiatan pembangunan dan penyuluhan. “Ini akan terus dilaksanakan, sampai dengan masyarakat kita, mencapai kesejahteraan yang cukup,” tegasnya.

Tahun ini, Kabupaten Serang mencatat pencapaian signifikan dengan pelaksanaan proyek-proyek infrastruktur fisik seperti pembukaan dan pengerasan jalan, pembangunan gorong-gorong dan jembatan, serta rehabilitasi musala dan rumah tidak layak huni. Selain itu, program ini juga meliputi penyuluhan non fisik yang mencakup kesehatan, keamanan, bela negara, pendidikan, dan bahaya narkoba.

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, menekankan bahwa TMMD sangat berdampak pada perekonomian dan kehidupan sosial masyarakat, menghidupkan kembali budaya gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. “Dengan kegiatan ini, masyarakat diajak kembali menghidupkan gotong royong. Kita tahu bahwa gotong royong ini budaya bangsa kita, dengan kegiatan bersama TNI, masyarakat aktif dan bersemangat,” ujarnya.

Kerjasama dan kolaborasi antara TNI dan pemerintah daerah ini diharapkan dapat terus berlanjut, tidak hanya dalam TMMD, tetapi juga dalam kegiatan-kegiatan pembangunan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Apresiasi yang tinggi diberikan kepada jajaran TNI, termasuk Pangdam III Siliwangi, Danrem 064/Maulana Yusuf, dan Dandim 0602/Serang, untuk dedikasi dan kontribusi mereka dalam pembangunan di Kabupaten Serang. Kolaborasi ini menunjukkan komitmen kuat dari semua pihak untuk terus berupaya membangun dan memajukan daerah, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersama yang mengutamakan gotong royong dan kerjasama lintas sektoral. “Terima kasih atas sinergi dan kolaborasinya. Kami berkomitmen terus melibatkan lintas semua organisasi perangkat daerah, menggabungkan bersama kegiatan TNI,” ujarnya. (MS)

× Image