Home > Wisata

I'tikaf Mumayyaz Upaya Pengembangan Wisata Religi Jakarta pada Bulan Ramadhan di Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal sebagai langkah untuk menggerakkan dan memperluas pariwisata religi di Jakarta selama bulan Ramadhan
Dok.kemenparekraf.go.id
Dok.kemenparekraf.go.id

TOPNEWS62.COM - Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menunjukkan apresiasi terhadap paket I’tikaf Mumayyaz di Masjid Istiqlal sebagai langkah untuk menggerakkan dan memperluas pariwisata religi di Jakarta selama bulan Ramadan. Dalam acara "The Weekly Brief With Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Sandiaga menyatakan bahwa I’tikaf adalah ritual umat Islam yang penting, terutama menjelang Idulfitri, dan Masjid Istiqlal menjadi salah satu tujuan utama untuk melakukannya di Jakarta.

Sandiaga menekankan bahwa minat masyarakat untuk ber-i’tikaf meningkat, dan Masjid Istiqlal dianggap sebagai destinasi wisata halal yang kelas dunia. Dia berharap agar paket I’tikaf Mumayyaz, yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) bekerja sama dengan beberapa hotel, dapat dikenal luas oleh masyarakat.

Melalui paket layanan VVIP ini, jamaah yang melakukan i’tikaf di Masjid Istiqlal akan mendapatkan fasilitas akomodasi, makanan sahur dan berbuka puasa, serta berbagai kegiatan dan kajian. Sandiaga juga mengajak hotel-hotel di sekitar Masjid Istiqlal untuk turut serta dalam layanan ini.

Kepala Bidang Peribadatan Masjid Istiqlal dan Plt Ketua Harian BPMI, KH. Buchari Sail Attahiri, menambahkan bahwa paket layanan ini telah diminati oleh ribuan masyarakat sejak tahun 2020. Mereka telah menyediakan ruang khusus untuk peserta layanan ini agar dapat beristirahat dengan nyaman.

Selanjutnya, Direktur Bisnis Istiqlal Global Fund, Ahsanul Haq, menegaskan komitmennya untuk terus berkolaborasi dengan Kemenparekraf dalam mengembangkan industri wisata halal di Masjid Istiqlal. Dengan adanya acara pertunjukan, pameran, dan diskusi, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi jamaah yang ingin terlibat dalam interaksi bisnis dan kegiatan filantropis.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Bidang Ria’yah BPMI sekaligus Ketua Panitia Amaliyah Ramadhan BPMI, Ismail Cawidu, dan Director of Marketing Communication Hotel Borobudur, Karina Eva Poetry.

× Image