Home > Nasional

Penghargaan Study UK Alumni Awards Indonesia 2024 untuk Para Pemimpin Industri Kreatif

Memperkaya lanskap budaya dan memajukan industri kreatif di tanah air
Dok.kemenparekraf.go.id
Dok.kemenparekraf.go.id

TOPNEWS62.COM - Jakarta, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, memiliki kehormatan untuk menyerahkan penghargaan kepada para alumni Indonesia dari universitas-universitas Inggris pada acara Study UK Alumni Awards Indonesia 2024, mengakui kontribusi mereka dalam memperkaya lanskap budaya dan memajukan industri kreatif di tanah air.

Difasilitasi oleh British Council, Study UK Alumni Awards bertujuan untuk mengakui alumni terkemuka yang telah memanfaatkan bakat dan keahlian mereka untuk memperkaya dunia budaya dan berkontribusi pada kemajuan industri kreatif Indonesia.

"Ini merupakan suatu kehormatan untuk berdiri di hadapan para alumni terkemuka dari universitas-universitas Inggris yang berasal dari Indonesia pada malam ini untuk merayakan pencapaian mereka yang luar biasa, terutama dalam bidang budaya dan kreativitas," kata Menteri Sandiaga dalam acara Study UK Alumni Awards Indonesia 2024 yang diselenggarakan di Hotel Fairmont, Jakarta, pada Kamis (7/3/2024) malam.

Menteri Sandiaga menekankan bahwa ekonomi kreatif telah muncul sebagai mercusuar ketahanan dan inovasi di era pasca pandemi. Dengan tingkat pertumbuhan yang diperkirakan mencapai 7,25 persen hanya pada tahun 2023, sektor ekonomi kreatif tidak hanya berhasil bertahan namun juga mengalami pertumbuhan pesat, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap PDB Indonesia.

"Ayo kita tetapkan kembali komitmen kita untuk merawat dan mendukung budaya dan industri kreatif. Karena sektor ini tidak hanya menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi tetapi juga menjadi wahana untuk kebebasan berekspresi dan kreativitas," kata Menteri Sandiaga.

Dalam kategori budaya dan kreativitas, Menteri Sandiaga menyerahkan penghargaan kepada Denny Rasyid Priyatna, seorang desainer produk ekonomi kreatif terkenal yang dikenal dengan kemampuannya yang unik dalam memadukan pengaruh lokal dengan teknologi modern.

Dengan gelar Master of Art in Design dari Central Saint Martins, University of the Arts London, Denny terinspirasi untuk meningkatkan nilai kerajinan Indonesia dengan mengintegrasikan bahan-bahan seperti limbah kayu, rotan, dan bambu dengan teknik produksi tradisional seperti tenun dan ukiran.

Selain itu, ia telah mengembangkan layanan dan platform yang menjual karya-karya pengrajin lokal dan UMKM, membantu mereka dalam meningkatkan proses kreatif dan produksi, sehingga mengeksplorasi hubungan antara kreativitas, budaya, dan komunitas.

Selain Denny, penghargaan juga diberikan kepada Fadilah Arief sebagai finalis dalam kategori budaya dan kreativitas.

"Saya mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan atas dedikasi, semangat, dan kreativitas mereka yang tidak hanya mengubah hidup tetapi juga menempatkan Indonesia di panggung global," ujar Menteri Sandiaga.

Selama acara tersebut, Denny menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atas program-program yang telah memberinya kesempatan untuk berkembang.

"Tentu saja, program-program yang diperkenalkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah bermanfaat tidak hanya bagi saya tetapi juga bagi para pelaku industri di sektor ekonomi kreatif untuk mempromosikan produk lokal Indonesia," kata Denny.

Menemani Menteri Sandiaga adalah Deputi Bidang Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Baparekraf, Diah Martini Paham; dan Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam.

× Image