Home > Wisata

Nikmati Panorama Nepal van Java dengan Keindahan yang Mempesona

Sensasi pegunungan dengan pasir putih berkilau dengan laut biru jernih dengan beragam ikan dan biota laut yang memanjakan mata
Ilustrasi Gunung Bromo
Ilustrasi Gunung Bromo

TOPNEWS62.COM - Panorama hijau di bawahnya? ingin sensasi pegunungan dengan pasir putih berkilau dengan laut biru jernih dengan beragam ikan dan biota laut yang memanjakan mata, atau diantaranya menikmati pemandangan indah mungkin sudah biasa. Bagaimana kalau wisata yang menyuguhkan suasana Nepal juga bisa menemukannya di Indonesia tanpa harus jauh-jauh ke negara Asia Selatan tersebut? Wisatawan tinggal menentukan.

Benar, Nepal van Java dalam beberapa waktu terakhir kian populer. Tentu wisatawan akan bertanya, apa kelebihan dari Nepal Van Java itu? Mirip dengan sebuah kampung di Nepal, Desa Butuh juga bisa menyajikan pemandangan berupa rumah penduduk yang seolah bertumpuk di lereng gunung. Desa Butuh itupun dinamakan Nepal van Java. Nama kampung.

Selain cukup curam di beberapa titik, turunan juga cukup panjang. Ini harus diwaspadai pemilik kendaraan pribadi. Lokasi Dusun Butuh berada di ketinggian, yakni lereng Gunung Sumbing. Oleh karena itu, wisatawan akan cukup banyak bertemu tanjakan saat menuju ke sana. Kondisi jalan yang menanjak sudah pasti akan berubah menjadi turunan saat perjalanan pulang dari Dusun Butuh.

Jadi, jangan berlama-lama, segera putuskan untuk mengunjungi Nepal van Java di Gunung Sumbing. Agar wisatawan yang berkunjung ke Nepal van Java itu maksimal, wisatawan disarankan berkunjung ke destinasi Kabupaten Magelang di saat musim kemarau, yakni di bulan Mei hingga September. Namun, di tengah kondisi cuaca yang kerap tidak menentu, waktu musim hujan bisa saja maju atau mundur. Selalu pastikan kondisi cuaca terkini sebelum berkunjung.

Selama di dusun itu, wisatawan juga menemukan keramahtamahan yang kental dari warga setempat. Pasalnya di saat cuaca yang cerah dan langit biru, wisatawan dapat menikmati Gunung Sumbing di pelupuk mata, yang menjulang perkasa, baik lerengnya dengan semburat langit biru di atasnya. Di sela-sela pemandangan Gunung Sumbing, wiasatawan juga bisa menikmati suasana perkampungan dengan rumah yang tersusun dan tampak terlihat padu. Pemandangan yang luar biasa. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Nepal van Java ini, wisatawan disarankan untuk mengunjungi kampung di lereng Gunung Sumbing itu di pagi hari.

Namun, di tengah kondisi cuaca yang kerap tidak menentu, waktu musim hujan bisa saja maju atau mundur. Untuk itu, selalu pastikan kondisi cuaca terkini sebelum berkunjung. Selain menikmati keindahan alam, wisatawan juga dapat menemukan berbagai rumah makan lokal yang menyajikan hidangan khas daerah dengan harga terjangkau. Berikutnya, apakah di destinasi wisata itu terdapat rumah makan? Oleh karena itu, selalu pastikan kondisi cuaca terkini sebelum pergi.

Desa Butuh terletak di ketinggian, di lereng Gunung Sumbing, sehingga perjalanan menuju ke sana akan melibatkan sejumlah tanjakan. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi Nepal van Java di Gunung Sumbing dan nikmati pengalaman yang tak terlupakan! Yang jelas, lokasi Dusun Butuh berada di ketinggian, yakni lereng Gunung Sumbing. Oleh karena itu, wisatawan akan cukup banyak bertemu tanjakan saat menuju ke sana.

× Image