Home > Nasional

Ratu Tatu Chasanah, Dianugerahi PWI 2024 untuk Kontribusinya dalam Pengembangan Budaya Silat

Tatu menyebutkan bahwa penghargaan tersebut ia persembahkan untuk para pencipta dan pelestari Jurus Silat Kaserangan
PemkabSerang : Anugerah pwi 2024
PemkabSerang : Anugerah pwi 2024

TOPNEWS62.COM - Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, telah diakui sebagai salah satu dari enam kepala daerah yang dianugerahi Anugerah PWI 2024. Penghargaan tersebut diserahkan pada acara Peringatan Hari Pers Nasional di Ecovention Hall, Ancol, Jakarta, pada Selasa (20/2/2023).

Menyampaikan rasa syukurnya, Tatu menyebutkan bahwa penghargaan tersebut ia persembahkan untuk para pencipta dan pelestari Jurus Silat Kaserangan dari berbagai paguron di Kabupaten Serang. Dia juga mengapresiasi seluruh aparatur Pemerintah Kabupaten Serang dan tingkat sekolah yang konsisten dalam menjaga silat sebagai bagian dari warisan budaya Bangsa.

Sebelum meraih Anugerah PWI 2024, Tatu melalui serangkaian tahapan yang melibatkan pengajuan dari PWI daerah dan kompetisi dengan sejumlah kepala daerah di Indonesia. Selanjutnya, dilakukan penilaian dan presentasi langsung di depan panitia dan dewan pakar PWI.

Tatu dianugerahi dalam kategori bidang kebudayaan karena kontribusinya yang nyata dalam pengembangan silat, sebuah warisan budaya takbenda UNESCO. Keberhasilannya dalam mengembangkan budaya silat di Banten, terutama dengan menggagas dan menciptakan Jurus Silat Kaserangan, dinilai sangat berarti.

Jurus ini diciptakan oleh 13 sesepuh pendekar dari 12 aliran silat di Kabupaten Serang pada tahun 2017. Sejak itu, Festival Silat Kaserangan rutin digelar, pertama kali pada 20 Agustus 2017, yang kemudian membuat Pemkab Serang meraih rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Selanjutnya, Silat Kaserangan dipromosikan dalam berbagai kegiatan pemerintah maupun swasta, menjadi bagian dari kurikulum lokal di sekolah, dan bahkan menjadi seragam resmi Pemda Kabupaten Serang.

Untuk melindungi hak cipta Jurus Silat Kaserangan sesuai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, langkah telah diambil dengan mendaftarkannya kepada Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM). Pada Maret 2022, hak cipta tersebut resmi tercatat dengan nomor pencatatan: 000337054.

Prestasi Jurus Silat Kaserangan tidak hanya diakui di tingkat nasional, tetapi juga berhasil meraih juara dalam Even Internasional Pencak Silat Championship 2021 di Belanda.

Tatu menyampaikan terima kasih atas apresiasi PWI, dan berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan pers dalam pembangunan daerah. Ia menegaskan bahwa semua pencapaian, baik dalam program pembangunan maupun penghargaan yang diraih, merupakan hasil dari sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak, termasuk teman-teman pers.

× Image